Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Daya Tarik Monumen Krakatau


Monumen Krakatau adalah sebuah monumen yang dibuat untuk memperingati meletusnya gunung krakatau yang terjadi pada tahun 1883. Keberadaan monumen memiliki daya tarik tersendiri untuk para wisatawan yang datang ke Lampung.

Monumen krakatau menyisahkan banyak cerita sejarah yang sangat penting, karena menjadi pengingat adanya letusan gunung di jaman dulu. Letusan gunung memang sangatlah hebat, karena suaranya terdengar sampai jarak 4.000 km.

Suara letusan yang terjadi memang terdengar sampai Australia dan Afrika Selatan. Letusan juga menyemburkan bahan vulkanik ke atmosfir dengan ketinggian sekitar 80 km, hal ini membuat kondisi langin menjadi terlihat gelap. Ketika anda datang ke monumen, maka anda akan menemukan sebuah artefak yang terpasang di ruang terbuka.

Letusan Gunung Krakatau yang terjadi pada 27 Agustus 1883 memang menjadi salah satu letusan gunung terbesar di dunia. Ledakan gunung disebutkan 30.000 kali lebih besar dibandingkan ledakan bom hiroshima dan nagasaki di Jepang.

Daya Tarik Monumen Krakatau

Pada bagian puncaknya, monumen krakatau memng berupa sebuah rambu laut yang berguna sebagai rambu siar. Pada bagian dasar, monumen berbentuk seperti setengah bola dan bagian atasnya berbentuk kerucut yang kontruksinya dari besi.

Dulunya, rambut laut dipakai sebagai alat navigator pelayaran kapal. Berkat adanya letusan gunung krakatau yang disusul dengan tsunami, maka rambu laut terhembang oleh gelombang air dan ditemukan di kawasan kampung opas yang berjarak sekitar 1,2 dari awal lokasinya.

Secara data administratif, Gunung Krakatau masuk dalam Kabupaten Lampung Selatan. Lokasi Monumen Krakatau memang terbilang strategis, karena mudah dijangkau oleh kendaraan dan bisa dijangkau dari berbagai sisi.

Pengunjung yang datang ke Monumen Krakatau tidak hanya berwisata biasa, namun juga bisa menambah pengetahuan mengenai sejarah. Berfoto menjadi kegiatan menyenangkan dan seru di semua area Monumen Krakatau.

Kebanyakan pengunjungnya adalah wisatawan lokal, namun banyak juga wisatawan luar daerah yang berkunjung untuk mengenal sejarah dari Monumen Krakatau. Secara umum, monumen krakatau bisa dikunjunggi oleh semua kalangan masyarakat.

Demikian ulasan singkat mengenai monumen krakatau dan semoga semua bahasannya bermanfaat untuk para pembaca.






Post a Comment for "Daya Tarik Monumen Krakatau"