Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Abadikan Moment di Teluk Kiluan


  Gambar ilustrasi: "Teluk Kiluan" oleh Indra Dhanurendra dengan lisensi Creative Commons 2.0

Bagi pecinta wisata bahari, teluk kiluan dapat menjadi salah satu tempat wisata yang wajib dikunjungi. Teluk yang terletak di Tenggamus, Provinsi Lampung ini merupakan jalur yang dilintasi lumba-lumba antara gugusan Cengkalik ke arah selatan menuju Cuku Kementara. Panorama yang ditampilkan sangat menawan dan fasilitas yang disediakan cukup terjangkau sehingga dapat menjadi jalan untuk memanjakan mata bagi yang ingin berlibur.

Dalam rentang jarak 73 KM dari Bandara Lampung, Teluk Kiluan dapat dijumpai dengan estimasi waktu selama 3 jam. Sepanjang perjalanan kita akan disuguhkan kehidupan tradisional yang masih melekat di masyarakat sekitar Teluk Kiluan. Kehidupan tersebut didukung oleh masyarakat asli lampung telah memiliki perpaduan budaya antara budaya Bali dan Jawa.


Pemikat yang Dimiliki Teluk Kiluan 

1. Pantai Cantik yang Memanjakan Mata

Disekitar Teluk Kiluan terdapat pantai berpasir putih dan lembut. Pepohonan hijau, air yang jernih, serta langit kebiru-biruan menjadi atribut penghias di pantai ini. Angin berhembus sepoi-sepoi serta ombak sedang menyejukkan diri ditengah-tengah teriknya matahari. Jika malas balik ke tempat penginapan, kamu bisa berkemah dan menyatu dengan alam di pesisir pantai dengan meminta izin pada petugas yang ada.  

2. Lumba-Lumba yang Bersahabat

Ikon dari teluk ini adalah adanya lumba-lumba yang bergerombol melakukan aksi. Di teluk kiluan terdapat kapal yang melihat daya tarik utama teluk tersebut. Lumba-lumba tersebut terlihat seolah-olah menari dan tidak perlu khawatir karena mereka sangat akrab dengan manusia. 

3. Spot Foto yang Unik  

Salah satu hal wajib ketika berlibur adalah adanya tempat untuk mengabadikan moment. Di teluk ini, terdapat banyak spot foto yang dapat membanttu fotomu menjadi lebih menarik. Mulai dari Laguna gayau yang terdapat dibalik teluk dan dibandrol tiket seharga Rp5.000 per orangnya. Laguna ini dapat ditempuh selama 30 menit dan diperjalanan akan melewati pesisir pantai yang menarik hati.  Belum lagi adanya batu karang yang membatasi cekungan di tepi pantai yang menambah dramatisasi saat berfoto. 

Lanjut lagi ke spot foto lain berupa candi makam Raden Mas Arya yang dikenal sakral dan memiliki nilai misteri. Batu serupa candi yang berjejeran menambah eksotisnya foto yang akan dihasilkan. Untuk yang memiliki hobi memancing, dibagian ujung kiri candi ini terdapat tempat pemancingan yang tersedia beraneka ragam ikan yang dapat membantu merealisasikan hobi kalian.


Biaya Berlibur

Terdapat dua cara untuk menuju teluk kiluan. Cara pertama adalah dengan menggunakan perahu yang disediakan dengan traif harga Rp25.000 per orang. Cara kedua adalah dengan menggunakan mobil pribadi yang dibandrol dengan harga Rp20.000 untuk biaya parkir menginap. Untuk masuk ke Teluk Kiluan hanya Rp5.000 per orang. Untuk menemui lumba, akan dikenakan biaya tambahan berupa harga sewa kapal sekitar Rp250.000 sampai Rp400.000 per 5 sampai 8 orang. 

Post a Comment for "Abadikan Moment di Teluk Kiluan"