Pesona Lampung, Wisata Alam di Lampung, Wisata Budaya di Lampung, Wisata Kuliner di Lampung, Event di Lampung,

test

Breaking

Post Top Ad

Your Ad Spot

Saturday, February 29, 2020

5 Persiapan Sebelum Mendaki Gunung

Persiapan Sebelum Mendaki Gunung - PesonaLampung.Com

Halo pembaca PesonaLampung.Com, terimakasih sudah berkunjung ke blog ini. Kali ini admin akan membagikan tulisan tentang 5 persiapan sebelum mendaki gunung. Buat kamu yang suka atau ingin berwisata ke gunung, yuk disimak 5 Persiapan sebelum mendaki gunung.

Mendaki gunung menjadi salah satu liburan tidak biasa. Bukan hanya seru, tantangan serta pengalaman yang hadir saat mendaki sulit didapatkan dengan cara berwisata lain.

Sebelum melakukan pendakian gunung, ada beberapa persiapan yang harus dilakukan. Berikut ini 5 persiapan sebelum mendaki gunung yang wajib dilakukan agar lancar dan selamat.

1. Persiapan fisik serta stamina

Aktivitas liburan dengan mendaki gunung memang akan berbeda dengan wisata lain. Saat mendaki, fisik benar-benar akan diterpa. Selain itu juga kondisi mental yang harus benar-benar siap ketika pendakian.

Persiapan fisik bisa dilakukan dengan latihan selama 2 minggu sebelum pendakian. Beberapa bentuk latihan fisik ini merupakan jogging, jalan cepat, dan latihan berlari.

Latihan ini akan menyiapkan fisik serta stamina. Sehingga siap melakukan perjalanan jauh selama pendakian. Serta rintangan fisik yang mungkin dilalui.

2. Perlengkapan dan peralatan untuk mendaki

Persiapan berikutnya yang harus dilakukan jauh-jauh hari merupakan perlengakapan. Peralatan pendakian sebaiknya disiapkan dengan sebaik-baiknya. Baik itu perlengkapan keamanan, logistik, sampai juga peralatan pribadi.

Beberapa perlengkapan yang tidak boleh terlupa seperti sepatu gunung dan pakaian pendakian, jaket tebal, baju untuk tidur dan cadangan. Selain itu juga tenda, peta pendakian, serta kompas. Pastikan juga menyiapkan identitas diri dengan terbungkus plastik agar aman.

Peralatan logistik serta perbekalan juga tidak boleh ketinggalan. Meskipun mendaki bersama tim, pastikan untuk memiliki suplai perbekalan sendiri. Perhitungkan juga kebutuhan air minum yang akan dibawa.

Saat ini untungnya sudah ada banyak pilihan untuk menyewa perlengkapan dan peralatan untuk mendaki. Sehingga mempermudah persiapan.

3. Info status gunung dan jalur pendakian

Minimal satu minggu sebelum pendakian, ketahui status gunung. Pastikan mendapat informasi valid bahwa status gunung dalam kondisi aman. Serta dibuka untuk pendakian. Update kembali informasi ini dua dan satu hari sebelum keberangkatan.

Setelah itu, pelajari jalur pendakian. Sangat disarankan untuk memiliki peta jalur pendakian. Sehingga mengetahui tingkat kesulitannya.

4. Persiapkan mental

Persiapan mental merupakan satu hal yang kerap diabaikan. Padahal gunung bukan merupakan medan yang mudah dilalui. Rasa lelah dalam pendakian akan semakin terasa berat bila mental tidak siap.

Sebelum mulai mendaki, pastikan keadaan mental benar-benar tenang. Persiapkan diri untuk menjalani tantangan yang ada selama pendakian nanti. Selain itu juga jangan lupa berdoa.

5. Persiapan rencana keadaan darurat

Setiap pendakian seharusnya memiliki rencana keadaan darurat. Rencana ini salah satunya menentukan satu orang yang tidak ikut mendaki sebagai “tim basecamp”. Pastikan untuk selalu mengupdate keadaan, titik lokasi, serta kondisi.

Buat juga ketentuan untuk melakukan komunikasi rutin. Sehingga “tim basecamp” akan cepat tanggap bila misalnya terjadi keadaan darurat atau komunikasi terputus.

Selain itu survival kit juga wajib masuk ke dalam bagian perlengkapan dan peralatan.

Mendaki gunung menjadi kegiatan yang menyenangkan untuk liburan. Keindahan pegunungan dan proses pendakian dipercaya bisa menghilangkan stress. Selain meningkatkan stamina tubuh.

Namun sebelum mendaki, pastikan sudah melakukan 5 persiapan di atas sebaik mungkin ya!

Demikian 5 persiapan sebelum mendaki gunung, terimakasih sudah membaca dan mengunjungi blog PesonaLampung.Com. Jangan lupa baca juga artikel lain ^_^

No comments:

Post a Comment

Post Top Ad

Your Ad Spot

Menu Halaman Statis