Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Daya Tarik Tugu Adipura Lampung


Ketika anda berkunjung ke Lampung, maka tidak lengkap rasanya kalo tidak berkunjung ke berbagai lokasi unik. Tugu Adipura atau Tugu Gajah adalah simbol dari kota Lampung, sehingga keberadaannya dinilai sangatlah penting.

Adipura merupakan suatu penghargaan dari pemerintah untuk sebuah daerah yang bersih. Tugu Adipura menjadi penanda yang sangat penting saat anda berkunjung ke Lampung, sehingga bangunan tugu seringkali menjadi tempat berfoto para wisatawan.

Sejarah Singkat Tugu Adipura

Tugu Adipura adalah tugu yang berlokasi di Gotong Royong Tanjung Karang Pusat, Pelita, Engal, Kota Bandar Lampung. Bangunan ini memiliki dimensi sekitar 30 meter dan memiliki luas sekitar 400 meter.

Tugu ini memang mulai diberikan pada tahun 1995 di masa kepemimpinan walikota Nurdin Muhayat dan tugu ini terus dikembangkan di masa kepemimpinan Pak Soeharto. Sejak adanya pengembangan, maka tigu adipura menjadi salah satu tempat yang miliki daya tarik wisata. Pengunjung bisa menemukan air mancur yang keren dan patung gajah yang sedang bermain bola.  

Daya Tarik Tugu Adipura 

Ketika anda sedang berada di Tugu adipura, maka ada berbagai hal yang bisa dilakukan. Area Tugu juga sering dipakai untuk melakukan berbagai event komunitas dan kadang dipakai sebagai area untuk demo. Namun tugu adipura tetap berdiri kokoh, meski areanya sering dipakai untuk kegiatan-kegiatan penting.

Dengan adanya bangunan tugu, tentu membuat kota Lampung menjadi lebih menarik dan lebih hidup. Dengan keberadaannya di tengah kota, tentu tugu ini menjadikan lampung memiliki ikon yang selalu diingat masyarakat.

Di area dekat tugu adipura, anda juga bisa menemukan sebuah patung binatang gajah yang unik dan memiliki daya tarik tersendiri buat para pengunjung. Tugu adipura juga sering dijadikan tempat perayaan tahun baru. Ketika momen tahun baru, maka akan banyak masyarakat yang berkumpul dan membakar kembang api.

Perayaan tahun baru memang diijinkan, asalkan masyarakat tidak merusak area tugu adipura. Setiap minggunya, car free day juga sering diadakan di sekitaran tugu adipura setiap minggu pagi. Banyak masyarakat sekitar yang berkunjung untuk liburan dan olahraga.

Sekian bahasan singkat mengenai tugu adipura Lampung dan semoga semua bahasannya bermanfaat untuk para pembaca.




Post a Comment for "Daya Tarik Tugu Adipura Lampung"