Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Keunikkan Dari Taman Purbakala Pugung Raharjo


Taman Purbakala Pugung Raharjo atau Situs Purbakala Pugung Raharjo adalah sebuah situs arkeologi yang berlokasi di Desa Pugung Raharjo, Kecamatan Sekampung Udik, Kabupaten Lampung Timur, Provinsi Lampung.  

Ketika anda berkunjung ke taman ini, maka anda bisa menemukan berbagai situs peninggalan dari masa kebudayaan megalit. Taman ini memang dikelilingi oleh berbagai tangul. Ketika anda berkunjung ke taman ini, maka anda bisa menemukan berbagai hal unik.

Keunikkan Dari Taman Purbakala Pugung Raharjo 

1. Bentuk Gerbang

Saat anda berkunjung ke taman purbakala pugung raharjo, maka akan disambut dengan sebuah gerbang yang bentuknya unik. Banyak sekali pengunjung yang berfoto di sekitaran gerbang dan mengabadikan momen langkanya di sosial media.

2. Taman Dikelilingi Tanggul

Taman Purbakala Pugung Raharjo memang dikelilinggi oleh gundukan tanah atau sering disebut dengan tanggul. Gundukan dulunya merupakan sebuah benteng yang dipakai untuk berlindung dari berbagai serangan binatang buas atau untuk menjadi pertahanan diri.

3. Banyak Benda Bersejarah

Ketika anda masuk dalam taman ini, maka anda akan berjalan di sebuah lorong dengan pijakan dari batu. Dalam perjalanan, anda akan menemukan berbagai benda bersejarah peninggalan jaman dulu seperti batu mayat dan menhir.

4. Adanya Kolam Megalitik

Dalam area taman purbakala pugung raharjo anda akan melihat sebuah kolam megalitik. Nuansa di sekitaran kolam sangatlah sejuk, karena di sekelilingnya ada banyak pepohonan yang rimbun. Pengunjung juga bisa merasakan berenang di kolam ini.

5. Rumah Informasi

Rumah informasi adalah salah satu tempat yang lokasinya lumayan jauh dengan kompleks situs purbakala. Rumah informasi merupakan rumah yang bentuknya unik, karena masuk dalam rumah adat khas Lampung. Ada beberapa pajangan benda bersejarah yang bisa anda temukan.

Dengan berkunjung kesini, maka anda bisa merasakan sensasi wisata yang memberikan dampak edukasi tinggi. Berbagai cerita sejarah akan anda temukan di taman purbakala pugung raharjo.

Demikian ulasan lengkap mengenai taman purbakala pugung raharjo dan semoga semua bahasannya bisa bermanfaat untuk para pembaca.




Post a Comment for "Keunikkan Dari Taman Purbakala Pugung Raharjo "