Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Makam Radin Inten II


Radin Inten II adalah seorang pahlawan nasional yang lahir pada tanggal 1 Januari 1834 dan wafat pada tanggal 5 Oktober 1858 di usia 24 tahun. Nama besarnya diabadikan sebagai nama bandara dan nama perguruan tinggi ternama di Lampung.

Dari hasil penelitian ditemukan bahwa Radin Inten II merupakan keturunan dari Fatahillah yang merupakan Sunan Gunung Jati dari perkawinan dengan Putri Sinar Alam. Pada dasarnya, Sinar Alam adalah seorang putri yang berasal dari Minak Raja dan menjadi cikal bakal pemegang kekuasaan keratuan. Radin Inten II merupakan putra sulung dari Radin Inten 1 gelar dalam Kesuma Ratu IV. 

Sekilas Tentang Makam Radin Inten II

Makam Radin Inten II adalah sebuah makan bersejarah dari seorang pahlawan nasional. Makam berlokasi di Desa Gedungharta, Kecamatan Penengahan, Kabupaten Lampung Selatan, Provinsi Lampung. Makan dijadikan tempat wisata bersejarah yang sangat cocok untuk dikunjunggi.

Komplek makam memang sangatlah luas dan ketika anda berkunjung, maka akan menemukan sebuah gapura yang bagus. Pada bagian kanan dan kiri kompleks dipenuhi Diorama yang bersejarah. Tidak jauh dari gapura masuk, anda juga bisa menemukan rumah panggung yang keren.

Pada area pintu masuk ke makam, maka anda bisa menemukan patung Radin Inten II yang berdiri tegak. Area belakang taman juga merupakan kawasan makam benteng cempaka. Area makam di buka setiap hari dan kebanyakan pengunjungnya yaitu melakukan ziarah kubur.

Anda juga bisa menemukan rumah sederhana yang merupakan tempat menyimpan berbagai benda bersejarah. Berkunjung ke makam Radin Inten II bisa sekaligus membawa anak-anak, agar mengenalkan mengenai berbagai benda bersejarah.

Benda yang tersimpan dalam sebuah lemari besar seperti bokor, gelang, batu bergores, gantungan lampu dan berbagai benda bersejarah lainnya. Semua benda gampang dikenali, karena diberi nama di bagian bawahnya menggunakan sehelai kertas. 

Semua benda bersejarah merupakan peninggalan dari Radin Inten II. Ketika anda berada di rumah, maka anda juga bisa menemukan gambaran silsilah dari Radin Inten II secara jelas. Dengan berkunjung ke makam, maka akan banyak pengetahuan baru yang bisa diperoleh.

Sekian bahasan singkat mengenai Makam Radin Inten II dan semoga semua bahasannya bermanfaat untuk para pembaca.


Post a Comment for "Makam Radin Inten II"