Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Situs Megalitik Kebun Tebu Sumber Jaya


Situs Megalitik Kebon Tebu Sumber Jaya berlokasi di Kecamatan Kebun Tebu, Kabupaten Lampung Barat, Provinsi Lampung. Ketika anda berkunjung ke situs megalitik, maka anda bisa menemukan berbagai benda peninggalan zaman prasejarah.

Pengunjung yang datang ke tempat wisata bersejarah ini tidak akan dikenakan biaya masuk alias gratis, karena pemerintah daerah membuka situs sebagai bentuk kepedulian terhadap ruang belajar sejarah yang terjangkau untuk semua kalangan masyarakat. 

Meskipun tidak dikenakan tiket masuk, namun para pengunjung dilarang merusak berbagai peninggalan sejarah yang terdapat di area situs. Pengunjung harus menjaga kebersihan, agar area situs tetap sehat dan bersih.

Daya Tarik Situs Megalitik Kebun Tebu Sumber Jaya 

Situs Megalitikum dibangun pada area lahan seluar 3,5 hektar. Transmigrasi biro rekontruksi nasional yang berasal dari Subang adalah rombongan yang menemukan Situs Megalitik. Penemuan pertama terjadi pada tahun 1951. 

Ada sekitar 40 buah batu menhir, 2 batu datar, 38 batu dolmen dan beberapa batu kelompok. Sejak tahun 1984 dan 1989 memang mendapatkan perhatian dari pemerintah, sehingga pernah direkontruksi batuannya yang sempat terpisah akibat adanya bencana alam. 

Tidak hanya situs Batu Brak yang bisa ditemukan disini, karena ada 8 situs bersejarah lainnya. Situs lainnya seperti situs batu jagus, telaga mukmin, batu tameng, batu jaya, cabang dua dan air rikrih.

Berkat nilai sejarah yang tinggi, maka lokasi Situs Megalitikum seringkali dijadikan tempat untuk penelitian para ilmuan. Penelitian dilakukan oleh ilmuan dalam negeri dan luar negeri. Tempat ini juga sangat cocok dijadikan tempat wisata sejarah saat libur sekolah atau study tour dari sekolah.

Wisatawan yang datang ke kawasan situs, maka bisa explore berbagai tempat bersejarah yang ada. Bagi anda yang membawa peralatan foto atau handphone, maka anda bisa melakukan kegiatan berfoto di berbagai spot yang sangat unik.

Tempat ini terbuka untuk umum dan boleh dikunjunggi kapanpun, asalkan tidak merusak berbagai fasilitas yang ada. pastikan anda selalu bersikap baik dan menjaga berbagai situs bersejarah yang ada di tempat ini.

Demikian ulasan lengkap mengenai Situs Megalitik Kebon Tebu Sumber Jaya dan semoga semua bahasannya bermanfaat untuk para pembaca. 

Post a Comment for "Situs Megalitik Kebun Tebu Sumber Jaya"