Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Wisata Edukasi di Gedung Batin


Gedung Batin adalah sebuah perkampungan tradisional yang diresmikan sebagai desa wisata pada tahun 2007 oleh Sekretaris Jenderal Departemen Pariwisata. Lokasi Gedung Batin menjadi kampung paling tua yang ada di Kabupaten Way Kanan.

Dengan berkunjung ke Gedung Batin, maka anda bisa melihat beberapa rumah yang sudah berusia sangat tua dan menjadi bangunan tradisional asli Lampung. Anda juga bisa menemukan berbagai perabotan antik sebagai perangkat adat dan budaya Lampung. 

Sejarah Gedung Batin

Dalam catatan sejarah disebutkan bahwa masyarakat pinggiran sungai Way Kanan dulunya selalu menggunakan sungan sebagai alat transportasi utama. Masyarakat biasanya berpindah-pindah dari satu tempat ke tempat lainnya.

Namun pada abad ke 17, ada sekelompok orang yang memutuskan untuk membangun rumah dan menetap di area pinggir sungai. Sekarang tempatnya dinamakan sebagai kampung Gedung Batin. Dulunya disekitaran kampung terdapat sebua hutan yang lebat dan masyarakat tinggal menebang saja.

Rumah bersejarah yang berada di Gedung Batin tidak menggunakan paku dalam proses pembuatannya, karena hanya menggunakan batang bambu. Dengan sejarah yang unik, tentu Gedung Batin sangat rekomended untuk dikunjunggi.

Lokasi kampung wisata Gedung Batin sangatlah strategis, karena bisa ditempuh dengan waktu setengah jam dari jalan lintas Sumatera yang membelah Way Kanan. Anda akan melewati jalan beraspal dan berbagai perkebunan karet.

Wisata Gedung Batin

Berkunjung ke Gedung Batin tidak hanya memberikan anda pengalaman dan pengetahuan mengenai kehidupan masyarakat jaman dulu, namun anda juga bisa berfoto di berbagai spot yang sangat klasik. Gedung Batin bisa dikunjunggi oleh siapa saja.

Dengan berkunjung kesini, anda juga bisa mengetahui lebih detail mengenai sejarah jaman dulu di Lampung. Gedung Batin sangatlah menjunjung tinggi etika dan budaya jaman dulu, sehingga masyarakatnya hidup dengan cara yang sederhana.

Demikian bahasan singkat mengenai Gedung Batin dan semoga semua bahasannya bermanfaat untuk para pembaca.

Post a Comment for "Wisata Edukasi di Gedung Batin"