Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Mengunjungi Pameran Bonsai di Saat Pandemi


Imagekredit: commons.wikimedia.org


Tahun 2021 memberikan kabar baik bagi pecinta Bonsai. Sebuah pegelaran pameran bonsai Nasional akan digelar di Kecamatan Balikbukit, Kabupaten Lampung Barat pada tanggal 19-27 Juni. Pegelaran akan dilaksanakan di Kebun Raya Liwa (KRL). Widyatmoko Kurniawan, selaku ketua Perkumpulan Penggemar Bonsai Indonesia (PBBI) telah memberi info peserta pegelaran diikuti oleh masyarakat di Pulau Sumatera dan Pulau Jawa. 

Pegelaran dilakukan secara terbuka dan masyarakat dapat menyaksikan bonsai yang dipamerkan. Untuk menjaga kesehatan di tengah pandemi ini, beberapa aturan atau tips harus dilaksanakan agar tetap aman.


1. Bawa Selalu Alat Penjagaan Diri

Di tengah pandemi ini, ada beberapa barang wajib yang harus dibawa. Masker harus selalu tetap dipakai saat berkeliling. Bila diperlukan, perketat penjagaan dengan menggunakan face shield. Jangan lupa untuk menyisihkan slot kosong di dalam tas dengan membawa handsanitizer. Pameran dilakukan di area yang terbuka, untuk itu gunakan pakaian senyaman mungkin. 

2. Pahami Rute ke Pameran

Sebelum kalian berangkat ke pameran, ada baiknya kalian mengetahui lokasi pamerannya terlebih dahulu. Briefing sebelum datang mungkin dapat dilakukan. Jika belum mengetahui lokasi, aplikasi seperti Google Maps dapat disiapkan untuk membantu perjalanan ke tempat lokasi. 

Berkunjung ke lokasi pameran bonsai dapat menggunakan kendaraan pribadi atau kendaraan umum. Untuk berjaga-jaga lebih baik menggunakan kendaraan pribadi untuk menghindari keramaian.

3. Perkuat Pertahanan Diri

Selain menggunakan peralatan yang diwajibkan, jaga diri sendiri untuk tidak terlalu dekat dengan orang lain. Coba untuk selalu berjaga jarak. Selalu gunakan handsanitizer yang dibawa. Kemudian rajin-rajinlah cuci tangan dengan air dan sabun yang disediakan.

4. Jangan Menyentuh Bonsai

Peserta pameran bonsai datang dari berbagai provinsi. Terdapat 719 bonsai yang akan dipamerkan. Beberapa jenis bonsai yang akan ditunjukkan adalah kimeng, picus petusa, hokiantea, sakura, dan sianci. Harga bonsai tersebut memiliki ragam macam harga. Mulai dari jutaan hingga ratusan juta rupiah harga bonsai yang diikutsertakan. Selain untuk menjaga diri dari penularan virus covid, jangan menyentuh bonsai yang ada untuk mencegah terjadinya kerusakan.


Post a Comment for "Tips Mengunjungi Pameran Bonsai di Saat Pandemi"