Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kemeriahan Festival Way Kambas dan Kesempatan Bertemu Para Gajah

 


Image kredit: lampungtimurkab.go.id

Taman Nasional yang dilestarikan untuk konservasi gajah terdapat di sala satu Kabupaten yang ada di Lampung Timur. Eksistensi tempat tersebut menjadikan alasan diadakannya festival way kambas. Acara ini merupakan event tahunan yang bertujuan untuk melakukan promosi wisata setempat kepada para wisatawan.

Pelestarian budaya dan konservasi juga turut menjadi tujuan dari kegiatan ini. Bahkan kegiatan seperti dikatakan dapat memberikan pengaruh baik pada perekonomian masyarakat seperti yang dikatakan oleh Asisten Deputi (Asdep) Pengembangan Destinasi Wisata Kementrian Pariwisata (Kemenpar) RI, Reza Pahlevi.

Pembukaan festival ini berlangsung pada bulan November dan biasanya dibuka oleh Bupati Lampung Timur seperti tahun 2018 dan 2019. Banyak kegiatan yang ditunjukkan dalam festival itu berdasarkan tahun-tahun sebelumnya.

Acara akan dibuka dengan mengadakan Fun Bike yang dimulai dari Lapangan Way. Dalam waktu yang sama juga pembukaan kegiatan lainnya seperti lomba tari melinting dan pembukaan Kemah Saka Pariwisata.

Selanjutnya ada beberapa kegiatan yang bisa diikuti dalam festuval tersebut. Misalnya pada festival tahun 2019, Kalian dapat menyaksikan parade gajah yang mengiringi Bupati beserta rombongan. Kuttau Lampung juga turut ditampilkan dalam penyambutan kedatangan mereka. Kemudian dilanjutkan parade budaya, aktraksi Polisi Cilik, tari Sigeh Punguten dan tari kreasi. 

Taman Nasional Way Kambas adalah lokasi untuk melestarikan Gajah dan beberapa hewan lainnya seperti Badak Sumatera dan Harimau Sumatera. Tak heran jika logo resmi festival tersebut bergambarkan gajah dan badak. Dalam festival tersebut pula kalian akan berkesempatan untuk melihat atraksi gajah yang telah dilatih.

Festival ini juga merupakan ajang untuk masyarakat lokat untuk menjual atau memamerkan buah yang dimiliki mereka. Jangan heran nanti jika festival diwarnai oleh beraneka ragam buah seperti bengkoang, pepaya, salak, jambu, dan pisang.

Banyak kegiatan menarik yang sayang untuk para wisatawan lewatkan. Namun, sepertinya selama masa pandemi, para wisatawan belum bisa berkesempatan untuk mengikuti kegiatan festival tersebut karena Festival Way Kambas tidak memungkinkan untuk diadakan. Harapan besar keadaan menjadi membaik agar bisa bertemu dengan para gajah dan ikut serta dalam meramaikan Festival Way Kambas.


Post a Comment for "Kemeriahan Festival Way Kambas dan Kesempatan Bertemu Para Gajah"