Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

6 Wisata Rohani Di Lampung Yang Terkenal Dan Tak Biasa, Bahkan Memiliki Sejarah Unik

 

Pexels.com/Natalie

Sumber Gambar(Pexels.com/Natalie)

 

6 wisata rohani di Lampung yang memiliki pesona tersendiri yang ramai kunjungi oleh wisatawan. Biasanya, tempat wisata rohani dipilih sebagai tempat pengingat diri dan spiritual yang terkenal, di kesampingkan persoalan agama.

Tempat wisata rohani biasanya kaya akan memiliki sejarah tersendiri  yang bagus untuk diulik bersama sebagai pengetahuan baru dari sisi tempat dan sejarah di dalamnya.

Untuk itu, berikut 6 wisata rohani di Lampung yang terkenal dan telah dirangkum untuk semua, lebih dekat mengenal pariwiata yang ada di Lampung

1.      Masjid Al- Furqon

Masjid ini merupakan masjid yang cukup terkenal dan tersohor di Bandar lampung. Selain bangunan masjid yang luas, ditempat ini sering dikunjungi banyak orang untuk tempat ibadah, tempat kajian hingga tempat pengajian di Lampung. Masjid Al-Furqon berlokasi di Jl. Diponegoro atau tepatnya di persimpangan antara Jl. Dr. Susilo dan Jl. Diponegoro dekat perkantoran Pemda Kota Bandar Lampung.   

Masjid ini juga menjadi masjid terbesar yang ada di Bandar Lampung, karena dapat memuat kapasitas orang kurang lebih 2000. Hingga kini, Masjid Al Furqon tak hanya bisa dijadikan tempat beribadah bagi umat muslim di Bandar lampung, tetapi bisa juga menjadi tempat nongkrong sekaligus tempat berfoto bagi muda-mudi. Karena, hingga saat ini masjid yang menjadi salah satu icon Kota Tapis Berseri memiliki taman luas dan ada relief wali songo di sisi kiri taman yang menggambarkan perjalanan spiritual yang mengesankan.

2.      Makam Syekh Tubagus Yahya

Berlokasi di Jl. Banten Kuripan, Teluk. Betung barat, Kota Bandar lampung. Makam syekh Tubagus Yahya menjadi tempat wisata rohani selanjutnya yang terkenal di Bandar Lampung. Makam Tubagus Yahya merupakan musafir yang berasal dari tanah jawa tepatnya di Kenari, setelah dari Kenari Tubagus Yahya pergi menuju Bogor barulah pergi untuk berhijrah ke tanah Lampung tepatnya di Bandar Lampung.  

Beliau merupakan salah satu waliyullah dalam mengemban bentuk dakwah semasa hidupnya yaitu pengobatan dengan menggunakan air, atas izin Allah banyak orang yang sakit kemudian sembuh setelah meminum air yang telah didoakan oleh tubagus yahya. Makam ini dianggap keramat oleh banyak orang, karena kata  Keramat diberikan langsung namanya oleh pemerintah Belanda, sebab makam Tubagus Yahya disebut keramat. Hingga kini tempat ini selalu ramai dikunjungi masyarakat untuk berziarah dan berdoa kepada sang median syekh tubagus yahya menjadi pelopor dakwah islam pada masanya.

3.      Gua Maria Pandang Bulan

Wisata rohani selanjutnya adalah goa maria pandang bulan yang menjadi tempat sprtual dan menicari ketenangan di lampung. Berlokasi di Pajaresuk, Jl. Raya Sampang, Fajar Esuk, Kec. Pringsewu, Kabupaten Pringsewu, Lampung.  Berdasarkan sejarahnya, Goa Maria Sendang Padang Bulan pada awalnya adalah tempat untuk pengungsian bagi para Pastor, Suster serta masyarakat lainnya pada masa penjajahan Belanda tahun 1949.Tempat ini diyakini umat Katholik merupakan petilasan penampakan Bunda Maria yang hingga sekarang selalu ramai dikunjungi wisatawan untuk berziarah dan healing.

4.      Keramat Menula

Keramat menula merupakan wisata rohani selanjutnya yang terkenal di lampung ebaai tempat keramat. Tempat wisata religi ini juga tereknal ebagai tempat  paling dihormati juga menjadi salah satu dari destinasi wisata yang angker di Indonesia.keramat menula berlokasi di desa pugung tanung jaoh, kecamatan lemong, krui pesisir barat, lampung . disini selain karena tanjakan yang yang ekstrim, terdapat banyak makam para syekh seperti syekh aminullah yang keramat dan suci yang selalu ramai dikunjungi untuk berdoa dan berziarah disini. Tempat ini juga memmiliki satwa kera liar dan juga spesies hewan buas yang penduduk setempat menyebutnya Harimau sebagai maung / lemaung. 

5.      Masjid Jami  Al- Anwar

Masjid ini merupakan masjid tertua yang ada di Bandar lampung yang telah ada sebelum gunung krakataaau meletus pada yaitu sekitar tahun 1839. Masjid ini berlokasi di jalan laksamana malahayati no.100 kangkung, teluk betung selatan, pesawahan, Kec Telukbetung Selatan, Kota Bandar Lampung  yang menurut sejarahnya dibangun leh ulama pendatang dari suku bugis pulau Sulawesi yang dulunya hanya sebuah surau tau mushallah. Masjid in beberapa kali mengalami renovasi akibat kerusakan gunung meletus Krakatau, tetapi tetap mempertahankan bangunan dan ciri khas bentuk masjid yang ada. Masjid ini selalu ramai dikunjungi untuk belajar, meneliti pembelajaran, kajian agama dan tentu saja ibadah 5 waktu.

6.      Makam Gajah Mada

Mungkin anda sudah tidak asing dengan sosok gajah mada, Sebagaimana dalam sejarahnya bangsa Indonesia, Gajah Mada merupakan patih paling masyhur dari Kerajaan Majapahit di Trowulan, Jawa Timur. Gajah Mada terkenal dengan Sumpah Palapa dan kepiawaiannya memimpin pasukanpada masa tersebut. Makam Gajah Mada terletak di Jl. Lintas Bar., Kerbang Langgar, Kec. Pesisir Utara, Pesisir Bar., Lampung . dan menjadi tempat wisaa religi dan ziarah yang terkenal di lampung yang dimana keberadaannya tepat di tepi jalan Krui – Bengkulu

Itulah tadi, 6 wisata rohani di lampung yang terkenal sepanjang masa. Banyak wisatawan yang hadir untuk sekedar ziarah, memahami sejarah dan healing untuk mengenang hal-hal yang pernah terjadi didalmnya yang bisa kita petik bersama.

 

Post a Comment for "6 Wisata Rohani Di Lampung Yang Terkenal Dan Tak Biasa, Bahkan Memiliki Sejarah Unik"