Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Perlu kamu ketahui, Fakta menarik Kabupaten Tanggamus sebagai Kabupaten yang unik

 


Sumber Gambar: Dinas Sosial Kabupaten Tanggamus

Menjelajah kota Lampung tidak bisa ditinggalkan dengan keanekaragaman dan keunikan didalamnya. Salah satunya yaitu kabupaten Tanggamus yang beribu kota di Kota Agung menjadi daerah potensi yang unik sangat sayang untuk dilewatkan.

Salah satu keunikan Tanggamus terletak pada pariwisata lokalnya yang menjadi salah satu destinasi wajib yang tidak boleh ditinggalkan, ditambah keunikan dari dua teluk besar di Provinsi Lampung yang hanya terdapat di Kabupaten Tanggamus, salah satunya Teluk Semaka.

Melihat potensi Tanggamus yang kaya dan unik, berikut hal menarik dari Tanggamus yang dirangkum dari berbagai sumber pilihan. Ada apa saja ya?

1. Tempat Bendungan terbesar se-Asia tenggara

Tentu, jika berbicara mengenai Tanggamus tidak bisa terlewatkan dengan Bendungan nya yang terkenal sebagai tempat wisata. Pasalnya bendungan ini kabarnya merupakan bendungan terbesar se-Asia Tenggara dan mampu menampung air sembilan juta meter kubik.

Nama objek wisata ini adalah bendungan Batu Tegi yang terletak di Pekon atau Desa Lebuay Datar, Kecamatan Air Naningan. Selain sebagai Bendungan terbesar se-Asia Tenggara, bendungan ini juga memiliki keistimewaan sebagai bagian pemanfaatan sarana pembangkit listrik bagi warga sekitar.

Wisata ini tidak boleh ketinggalan saat mengunjungi Tanggamus untuk melihat bendungan terbesar di Asia tenggara, sekaligus kehidupan bendungan yang cantik dengan lamanya membentang luas yang sayang untuk dilewatkan.

2. Makanan Lokal Yang Khas

Pernah mendengar mengenai Bakasam atau sambal iwa. Kuliner ini bisa kamu jumpai saat bertandang di kabupaten Tanggamus loh. Kuliner khas Kabupaten Tanggamus sering menggunakan bumbu rempah-rempah lokal dan berkualitas, ini mengapa panganan lokalnya sangat terkenal di Lampung.

Makanan lokal yang kaya membuat Tanggamus spesial di mata para wisatawan, pasalnya kamu bisa menjumpai panganan lokal seperti Sup Ikan Marlin, Lepot tapai yang berbahan dasar beras ketan yang dimasak dengan santan kelapa, hingga kuliner lainnya seperti Otak-Otak, Simbol Cubik, Iwan, Kopi Ulubalu, Pisang Mas Kirana dan lainnya.

3. Unsur Wisata Yang Ramah Dan Friendly

ke Tanggamus tidak ada salahnya untuk mampir ke wisatanya. Disini banyak sekali wisata lokal yang sayang untuk dilewatkan, mulai dari Air Terjun Sinar Petir yang sangat khas dengan ketinggian air terjunnya sekitar 50 meter. Bentuknya zig-zag, mirip lambang petir, dan merupakan cikal bakal penamaan air terjun tersebut. 

Hingga wisata Pantai Sawmill dimana Pantai ini memiliki pemandangan alam yang kompleks dengan gugusan pegunungan Bukit Barisan Selatan yang telah ditetapkan pemerintah sebagai taman nasional. dan terlihat puncak Gunung Tanggamus yang menjadi ikon kabupaten tersebut siap memanjakan kamu dalam wisatanya yang khas

Jika ke tanggamus jangan lupa untuk mengunjungi wisatanya yang khas dan kaya tersebut.

Nah, itulah tadi beberapa fakta menarik dari kabupaten Tanggamus yang unik bisa menjadi referensi kamu mengenal lebih Tanggamus dan seisi yang sayang untuk dilewatkan. Siap berpetualang ke Tanggamus? (***)

 

 

 

Post a Comment for "Perlu kamu ketahui, Fakta menarik Kabupaten Tanggamus sebagai Kabupaten yang unik"