Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

8 Danau di Lampung dengan Segala Keindahanya

 


Danau merupakan salah satu objek wisata di Lampung. Panorama yang disajikan oleh danau tersebut tidak dapat disepelekan. Bahkan dapat dikatakan bahawa wisata danau adalah salah satu lokasi wisata yang wajib dikunjungi jika anda berlibur ke Lampung.

Meskipun danau yang sudah terkenal adalah danau Ranau dan Suoh . Namun Lampung setidaknya memiliki delapan danau dengan karakter dan keunikan berbeda. Berikut ini adalah daftar danau yang dapat anda kunjungi saat berlibur ke Lampung.

1. Danau Ranau

Danau Ranau adalah salah satu destinasi wisata danau  yang wajib anda kunjungi. Danau Ranau merupakan danau terluas kedua di pulau Sumatera.  Berlibur ke danau Ranau akan memberikan anda  pengalaman yang tak terlupakan. Danau ini memiliki total luas 125,9 km persegi dan juga  memiliki pemandangan yang beragam.

Setidaknya terdapat persawahan, danau, pegunungan, serta permukiman tradisional masyarakat. Ada pula  berbagai wahana permainan air yang telah tersedia seperti sepeda air, penyewaan ban, bebek-bebekan serta penginapan.

Pengunjung juga dapat berkeliling menggunakan jasa sewa perahu masyarakat sekitar. Suasana alam di danau ini masih sangat asri, menenangkan,udara sejuk yang berpadu dengan panorama alam eksotis menjamin Anda sebagai  pengunjung akan betah berlama-lama disini.

2. Danau Suoh

Danau suoh adalah danau yang memiliki tiga danau vulkanik yang menjadi daya tarik utama kawasan wisata di taman Nasional Bukit Barisan Selatan ini. Ketiga danau vulkanik tersebut adalah danau minyak, danau lebar atau danau belibis serta danau asam. Ketiga danau ini adalah danau eksotis yang dipisahkan oleh hijaunya Savana ilalang.

Tak hanya danaunya saja, spot wisata lain danau merupakan panorama yang indah dan tidak bisa dilewatkan. Letusan keramikan serta savana ilalang  akan membuat anda sebagai pengunjung tercengang. Saat ini wisata danau suoh dikelola oleh masyarakat sekitar, selain pemandangan yang indah danau ini juga memberikan  fasilitas jungle track dilengkapi oleh pemandu wisata yang akan mengarahkan pengunjung  berkeliling danau.

3. Danau Hijau Ulubelu

Danau Hijau Ulubelu adalah danau yang terletak di Ulu Belu Tanggamus, tepatnya berada di tengah perkebunan kopi masyarakat. Danau ini memiliki sisi keunikan warna air yang hijau sesuai dengan namanya. Dengan begitu, anda dapat mengambil foto dengan latar belakang danau.

Danau Hijau Ulubelu Tanggamus adalah danau yang berasal dari proses alam. Tidak dapat diketahui secara pasti kapan danau ini mulai terbentuk, saat ini danau Hijau Ulubelu menjadi salah satu lokasi wisata karena keistimewaan warna airnya.

Fasilitas lain yang terdapat di danau ini adalah beberapa pondokan serta rumah makan sederhana yang dibuat warga. Anda dapat menikmati keindahan danau dengan duduk dan menyantap makanan di pondokan. Begitu mengesankan bukan ?.

4. Danau Tirta Gangga

Danau ini terletak di Desa Swastika Buana (SB13), Kabupaten Lampung Tengah. Danau Tirta Gangga adalah salah satu danau yang menyajikan panorama indah.Selain panorama yang indah, Danau Tirta Gangga di Lampung Tengah ini  juga menyimpan nilai budaya yang menarik untuk ditelisik.

Danau Tirta Gangga memiliki Patung Bima dan pura yang ikonik karena berada di tengah danau. Hal ini membuat objek wisata menjadi penuh nilai. Danau ini memiliki luas sekitar 200 hektar serta pemandangan sunset yang indah ketika sore hari. Oleh sebab itu, danau ini sering menjadi incaran para pengunjung untuk menyaksikan suasana  sunset yang disuguhkan.

5. Danau Bekri

Danau ini berlokasi di Seputih Mataram Lampung tengah, Danau Bekri juga memiliki pesona yang tak dapat disepelekan. Danau yang jauh dari pemukiman serta keramaian ini membuatnya masih memiliki suasana yang asri. Keistimewaan lain danau ini adalah gundukan tanah yang ditumbuhi pepohonan di tengah danau. 

Selain itu keunikan danau ini adalah  jembatan penghubung agar pengunjung dapat ke gundukan tanah di tengah danau yang disebut pulau. Sampai di gundukan tanah, anda dapat bersantai sembari menikmati pemandangan menawan dari tengah danau ditemani angin sepoi-sepoi.

6. Danau Way Jepara

Danau ini berlokasi di Kecamatan Way Jepara Lampung Timur, tempatnya tidak jauh dengan Taman Nasional Way Kambas (TNWK). Berbeda dengan danau biasanya, Danau Way Jepara adalah danau yang dikelilingi oleh vegetasi pohon rapat.

Keistimewaan lain dari danau ini adalah keindahan suasana sunset.  Karena jika  cuaca sedang baik sunset jingga akan  nampak sangat elok di atas danau serta membentuk bayangan di danau. Meski saat ini  belum terdapat fasilitas serta wahana permainan air di danaunya, namun anda dapat  menikmati keindahan danau untuk melepas penat anda.

7. Danau Kemuning

Danau Kemuning berlokasi di Kecamatan Sribhawono Lampung Timur. Danau ini memiliki air yang jernih, hal inilah yang menjadi daya tarik pengunjung. Selain jernih, air danau juga memiliki kesejukan karena batuan yang berada di dalam danau.

Saat ini danau kemuning telah dijadikan objek wisata dengan beberapa fasilitas seperti permainan air, bebek-bebekan, sepeda air serta ban. Terdapat pula jembatan warna-warni untuk membuat  kesan fotogenik yang memukau. Jembatan ini adalah area spot selfie para pengunjung.

8. Danau Beringin Indah

Danau Beringin Indah biasa disebut warga sekitar sebagai Dam Way Kawat. Danau ini  berada di Desa Negaran Abung. Anda juga dapat kemari melalui jalan Desa Terbanggi Marga, Kecamatan Sukadana. Danau beringin indah juga memiliki panorama yang indah sesuai dengan namanya, selain  terdapat hamparan air danau, ada pula pohon hijau serta persawahan dan perkebunan di sekitar yang menjadi komponen daya tarik danau ini.

 

Kedelapan rekomendasi wisata danau yang ada di Lampung dapat anda jadikan sebagai rujukan wisata liburan anda. Eksotisme serta keunikan dari masing-masing danau akan memberikan pengalaman berlibur anda menjadi berkesan dan menyenangkan. Demikian informasi mengenai wisata danau di Lampung. Semoga bisa menjadi referensi liburan anda.

 

Post a Comment for "8 Danau di Lampung dengan Segala Keindahanya"