Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Way Kambas Sebagai Tempat Perlindungan Hewan dan Objek Wisata Lampung

 


Way kambas adalah taman nasional yang terletak di Lampung timur, tepatnya di kecamatan labuhan ratu. Taman nasional yang di kenal dengan aneka ragam flora dan faunanya ini cocok sekali untuk anda yang suka berlibur alam dengan pesona keasrian lokal. Selain karena ragamnya flora dan fauna, taman Nasional way kambas juga sering digunakan untuk penelitian satwa langka. Baik oleh peneliti lokal maupun internasional.

Way kambas juga menyajikan pelatihan kepada gajah-gajah di Pusat Konferensi Gajah (PKG). Anda dapat menonton atraksi para gajah yang rutin dilaksanakan pada sore hari, selain itu ada juga pertandingan sepak bola gajah. Anda juga dapat menaiki gajah untuk berputar mengelilingi hutan bersama pawangnya. Seru sekali bukan .

Sebelum pergi ke way kambas. Ada baiknya jika anda  mengetahui seulas sejarah dari taman nasional yang telah ditetapkan sebagai warisan budaya Asean ini. Way kambas berdiri pada tahun 1985 sebagai sekolah gajah pertama di Indonesia dengan nama PLG yaitu Pusat Pelatihan Gajah. Namun sejak beberapa tahun terakhir nama tersebut berganti menjadi Pusat Konservasi Gajah (PKG). Di tempat ini gajah-gajah akan di jinakkan, di latih ,di kembang biakkan serta di konservasi.

Alasan utama penetapan kawasan sebagai kawasan pelestarian alam adalah untuk melindungi kawasan yang memiliki kekayaan satwa liar seperti tapir, gajah sumatera, enam jenis primata, rusa sambar, harimau sumatera,dan beruang madu.

Di taman Nasional Way Kambas anda dapat menjumpai hewan yang hampir punah yaitu Badak sumatera, Gajah Sumatra, Harimau sumatera, Mentok Rimba, Buaya sepit, Kijang, Tapir, Rusa serta Beruang Madu. Jenis-jenis primata seperti lutung, Owa, siamang, dan lain-lain. Sementara bagian pesisir sering di jumpai berbagai jenis burung seperti Bangau Tongtong, Sempidan Biru, Kuau raja, Burung Pependang Timur, dan beberapa burung lainnya. Untuk tanaman banyak diketemukan tumbuhan Api-api, Pidada, Nipah dan pandan.

Jika anda tertarik untuk berwisata ke Taman Nasional way kambas. Anda hanya perlu merogoh kocek Rp 5000 per orang pada hari biasa. Sementara untuk hari libur kamu akan membayar Rp 7000 sebagai wisatawan domestik. Jika anda adalah wisatawan mancanegara pada hari biasa anda hanya membayar Rp155.000 dan Rp 220.000 untuk hari libur. Cukup terjangkau bukan ?.

Bagaimana, tertarik berwisata ke way kambas ?.

 

Post a Comment for "Way Kambas Sebagai Tempat Perlindungan Hewan dan Objek Wisata Lampung"