Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Gebyar Bonsai Bumi Sekala Bekhak 2021: Turut Serta Dimeriahkan Dirjen Dukcapil

Imagekredit: harianmomentum.com

Pecinta Bonsai harus tahu bahwa pameran Bonsai akan digelar di Lampung. Zudan Arief Fakrulloh, selaku Dirjen Dukcapil Kementerian Dalam Negeri, membuka pergelaran pameran yang merupakan event terbesar di Sumatera saat ini. 

Lebih dari itu, Zudan juga turut mengikutsertakan 7 koleksi Bonsai terbaik miliknya. Bukan hanya mengunjungi beberapa tempat saja, Zudan telah ikut serta dalam event serupa lainnya. Pameran di Lampung ini katanya adalah pegelaran dengan lokasi terindah.

"Jujur, saya sudah berkunjung di banyak tempat pelaksanaan pameran dan contest bonsai, dan ini adalah lokasi terbaik diseluruh Indonesia, ekosistemnya dapat. Lampung Barat ini luar biasa hawanya sejuk, dikelilingi hutan, saya katakana Lampung Barat ini The Hidden Paradise (Surga Tersembunyi)," Kata Zudan.

Zudan dikabarkan akan mengikuti rapat kerja di Pesisir Barat. Rapat tersebut akan dilaksakan pada hari Kamis, 24 Juni 2021. Dalam perjalanan dinas tersebut, Zudan mengungkapkan ini adalah perjalanan terindah. 

"Bahkan saya katakana, saya tidak sabar untuk tiba di lokasi, karena saya mendapatkan kabar bahwa ada 719 pohon bonsai yang ikut serta dalam pameran dan contest nasional ini," Imbuh Zudan.

Dalam pegelaran pameran ini, Zudan sangat berharap para pecinta bonsai dapat terus meningkatkan pemeliharaan tanaman bonsai Indonesia hingga ke mancanegata. 

Zudan sempat bercanda akan menawar harga 719 bonsai dengan harga yang bisa terbilang banyak yaitu 2 Milyar. Bahkan dia siap untuk meminjam di Bank. Tidak masalah karena dalam sebulan dia bisa mendapatkan Rp100 juta perbulannya dan dalam kurun waktu 2 tahun dapat balik modal. Guyonan tersebut ini langsung ditolak oleh kolektor bonsai yang turut hadir dalam acara itu.

Di tengah kondisi pandemi seperti ini, Dirjen Dukcapil masih menyempatkan untuk turut datang menyaksikan pameran. Bupati Lampung Barat, Parosil Mabsus memberi apresiasi kepada Zudan atas kunjungannya. 

Harapan besar diberikan kepada pameran itu dapat membagikan pengetahuan tentang bonsai yang memiliki nilai harga yang cukup fantastis tersebut. Adanya pameran ini diharapkan pula dapat mendorong sektor pariwisata, seni, dan budaya agar mengalami peningkatan. 

Gubernur Lampung juga turut memeriahkan pameran bonsai tersebut dengan diwakili oleh Kadishut Yan Yan Ruchyansyah. Dia mengatakan bonsai yang memiliki nilai seni tersebut dapat diapresiasi. Pameran ini dapat dikatakan sebagai ajang sosialisasi karya seni bonsai.

"Pembentukan tanaman menjadi bonsai membutuhkan waktu yang panjang, dan penuh tantangan. Kecintaan terhadap bonsai menjadi dasar yang harus dimiliki oleh seetiap-setiap seniman bonsai agar mendapatkan penjiwaan dalam setiap pembuatan bonsai, maka bonsai harus dipeliharan dengan baik, banyak sekali manfaat yang bisa diambil dalam setiap tanaman hias bonsai, seperti menghias lingkungan atau menjaga lingkungan tetap sehat,"ungkapnya. 

Post a Comment for "Gebyar Bonsai Bumi Sekala Bekhak 2021: Turut Serta Dimeriahkan Dirjen Dukcapil"