Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tahap Penilaian Gebyar Bonsai Bumi Sekala Bekhak 2021


Imagekredit: netizenku.com

Perkumpulan Penggemar Bonsai Indonesia (PBBI) Lampung Barat telah menyelenggarakan event bonsai yang ramai diikuti oleh pecinta bonsai dan masyarakat lainnya. Moment pameran tersebut diselenggarakan di Kebun Raya Liwa yang berada di Kabupaten Lampung Barat. 

Ada 719 bonsai yang diikutsertakan dalam pameran. Diantaranya terdapat bonsai yang berharga jutaan hingga ratusan juta rupiah. Pameran sudah mulai dilaksanakan pada tanggal 23 Juni.  Kelas yang dibuka dalam perlombaan tersebut mencakup kelas prospek, regional, madya, utama dan bintang. 

Ketua Panitia Pelaksana kegiatan, AF Manurung menjelaskan ada beberapa jenis bonsai yang dipamerkan dalam kegiatan tersebt. Beberapa diantaranya adalah beringin dollar, beringin Pilipina kupalandak, bogenfil, kingkit, loa, kibesi cemara laut, mustam, Kelampis, Serbin, cendrawasih, kimeng, compakta, watu Taiwan dan masih banyak lagi. 

Pohon bonsai tersebut telah melewati tahap penilaian. Penilaian tersebut dilakukan oleh tim juri yang berasal dari PBBI yang berasal dari pusat. Juri yang didatangkan sangat kompeten dan penilaian dilakukan dengan menancapkan bendera yang terdapat nilai untuk masing-masing bonsai.

Selain dari Provinsi Lampung itu sendiri, peserta yang mengikuti perlombaan tersebut juga datang dari berbagai macam daerah di Pulau Sumatera dan Jawa. Perwakilan di Pulau Sumatera Selatan antara lain ada yang berasal dari Kabupaten OKU Selatan, Muara Enim, Prabumulih dan Lubuk Linggau. Untuk daerah Pulau Sumatera lainnya ada yang peserta dari Kota Bengkulu. Dari Pulau Jawa ada peserta yang berasal dari Jawa Barat dan Jawa Timur. 

Selanjutnya AF Manurung menjelaskan event ini adalah pameran terbesar di Pulau Suamtera. Bahkan Dirjen Dukcapil, Pak Zudan Arief ikut serta dalam kontes yang diadakan. Beberapa tokoh lainnya seperti Gubernur dan Bupati/Walikota juga turut hadir meramaikan. 

AF Manurung menyebutkan dia tidak mengetahui mana bonsai terbaik. Penilaian yang dilakukan adalah tanggung jawab penuh dari 9 juri yang ditunjuk langsung dari PBBI pusat. 

Pameran dapat diikuti oleh seluruh lapisan masyarakat karena pameran diselenggarakan secara terbuka. Untuk itu masyarakat yang datang harus mengikuti aturan pemerintah seperti mengikuti protokol kesehatan dan tidak menyentuh bonsai yang ada.

Post a Comment for "Tahap Penilaian Gebyar Bonsai Bumi Sekala Bekhak 2021"