Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Bertemu "Si Pemilik Gading" di Taman Nasional Way Kambas

 

Image Credit: commons.wikimedia.org

Siapa yang tak kenal dengan hewan bertubuh besar dengan gading ini? Ya, gajah Sumatera yang merupakan hewan mamalia ini telah dilindungi di Taman Nasional Way Kambas. Labuhan Ratu, Kabupaten Lampung Timur adalah tempat bersemeyam Taman Nasional ini dengan luas 125.000 hektar. Khusus untuk kamu pecinta hewan, berlibur di sana akan menjadi salah satu tempat yang pas untuk dikunjungi.

Taman Nasional Way Kambas disebut juga sebagai "sekolah gajah" telah melatih sebanyak 290 gajah. Gajah disana dapat bertingkah layaknya seperti manusia. Mereka dapat menari dan bermain bola. Mereka juga dapat menjabat uluran tangan kita dengan belalai yang dimilliki. Disana juga biasanya diadakan sebuah pertunjukkan yang dapat ditonton oleh pengunjung. 

Perjalanan berkeliling taman akan terasa semakin fantastis dengan menunggangi gajah. Selain itu, kita dapat melihat perilaku manja para gajah saat mandi. Bahkan kita bisa ikut memandikan gajah tersebut.

Mamalia yang hidup bukan hanya gajah saja. Ekosistem disana dapat menjadi penangkaran hewan-hewan lainnya seperti badak Sumatera, tapir, anjing hutan, siamang dan badak Sumatera. Jenis burung juga dapat ditemukan seperti burung pecuk ular, burung air yang bertubuh besar dan bangau tong tong yang hampir punah. 

Sepanjang jarak 13 kilometer dari gerbang masuk, kita dapat menemui Resort Way Kanan. Di sini kita dapat menjelajahi sungai dengan menggunakan perahu jika ingin berkunjung. Sembari diperjalanan, banyak aneka ragam tumbuhan serta hewan yang dapat dijumpai disepanjang perjalanan. Hal ini tentu dapat memanjakan mata para pengunjung yang cinta alam. 

Tak puas dari sisi perjalanan saja, disini disediakan tempat untuk berkemah. Namun, kalian harus mendapatkan izin dari petugas terlebih dahulu. Terlebih khusus untuk mereka yang harus tinggal beberapa saat untuk melakukan penelitian. Selain di tinggal di alam, penginapan juga telah dibangun untuk beberapa penginapan yang untuk para wisatawan. 

Biaya masuk ke Taman Nasional ini dibandrol dengan tarif Rp5.000 di hari biasa dan Rp7.000 pada saat libur. Sedangkan untuk para pelajar dikenakan tarif Rp3.000 saja. Tarif parkir berbeda-beda untuk tiap jenis kendaraan. Mulai Rp2.000 untuk sepeda, Rp5.000 untuk motor, Rp10.000 untuk kendaraan roda 4 dan Rp50.000 untuk kendaraan roda 6. 



 


Post a Comment for "Bertemu "Si Pemilik Gading" di Taman Nasional Way Kambas"