Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Keindahan Alam dari Menara Siger

Image Credit: common.wikimedia.org


Ikon kebanggaan Provinsi Lampung, Menara Siger, telah diresmikan pada tanggal 30 April 2008. Menara ini berada di dekat Pelabuhan Bakauheni. Bangunan ini berdiri kokoh sepanjang 110 meter di atas permukaan laut. Titik Nol Sumatera ini memiliki arsitektur yang meyerupai aksesoris kepala milik pakaian adat Lampung.

Menara Siger nampak menjulang dengan ketinggian bagunan yang mencapai 32 meter. Dari Pelabuhan Bakuheni saja sudah dapat dilihat dengan jelas kemegahannya. Selain itu, kontruksi yang dilengkapi dengan ferrocement menjadikan bangunan ini anti gempa. Beban juga dikurangi dengan cara mengganti semen curah cor dengan jalinan kawat di bagian mahkotanya. Bentuk mahkota tersebut menyerupai kerucut berwarna kuning keemasan dan berjumlah 9 yang menyimbolkan banyak bahasa yang ada di masyarakat Lampung. 

Bangunan megah ini tidak jauh dari pusat kota. Untuk yang hanya berpergian singkat ke Lampung tepat sekali untuk berkunjung ke Menara Siger. Kapal dapat membawa kalian ke Menara Siger melalui pelabuhan Bakauheni.

Beberapa fasilitas yang dapat ditemukan pada di Menara Siger ini diantaranya tempat parkir yang luas dan toilet umum. Untuk yang beragama muslim, telah disediakan mushollah agar tetap dapat melaksanakan sholat. Disediakan juga beberapa penginapan yang ada di sekitar bangunan ini. Selanjutnya, jangan lupa untuk membeli oleh-oleh berupa souvernir yang dijual di sekitar menara.

Spot pemandangan yang menjadi pemanis menara yang memiliki tinggi 32 meter ini adalah bukit-bukit kecil yang disertai pepohonan yang memanjakan mata. Birunya lautan yang membentang menyegarkan pikiran dari penat dan lelah serta udara segar menambah sejuknya suasana.

Saat kalian berada di puncak menara, akan tampak pemandangan yang menakjubkan berupa jembatan yang membentang. Beberapa pulau kecil yang menjadi destinasi wisata Lampung lainnya dapat dilihat dari sudut itu. Sunrise dan sunset akan kalian lihat jika datang di waktu yang tepat. Kalian juga dapat naik ke Sky Boat yang telah disediakan. 

Menara Siger buka mulai pukul 06.00 pagi. Harga tiket masuk dibandrol dengan harga Rp5.000. Segera datang dan abadikan momen di Bangunan ini. 
 





Post a Comment for "Keindahan Alam dari Menara Siger"