Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ajang Promosi Budaya pada Pegelaran Festival Sekala Bekhak


Image credit: www.pariwisatalampungbarat.com


Masyarakat Lampung Barat mungkin tidak asing lagi dengan festival yang diadakan tiap tahunnya, yaitu Sekala Bekhak. Penyelenggara dari pergelaran festival yang akan menampilkan kebudayaan khas Lampung adalah Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata Lampung Barat. Pergelaran ini memiliki tujuan mengenalkan budaya sekaligus ajang promosi dinasti wisata terutama untuk pengunjung Nusantara maupun wisatawan asing.

Lampung memiliki daya tarik wisata tersendiri. Banyak pantai yang dapat dikunjugi di Provinsi Lampung untuk bersantai serta danau dan pegunungan yang tak kalah cantik. Maka dari itu, adanya perhelatan festival ini dimaksudkan juga untuk mengenalkan tempat wisata seperti yang telah dilaporkan oleh Endang Guntoro, S.H., selaku Kasi Antraksi dan Daya Tarik Wisata serta Indra Kusuma S.Sos., selaku Kepala Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata Lambar.

Masyarakat juga memiliki kesempatan untuk mengikuti ajang perlombaan yang dilaksanakan sepert tari kreasi Lampung, Lomba Hadra dan Lomba nyambai seperti yang pernah dilaksanakan pada tahu 2018 lalu. Puncaknya biasanya akan digelar karnaval dan menjalankan kegiatan pokok yaitu menghimpun usul dari pewaris Kerajaan Adat Paksi Pak Sekala Brak. yaitu para Sai Batin Paksi Pak.

Festival Sekala Bekhak biasanya digelar pada Bulan Juli seperti di tahun 2018 dan 2019. Festival ini biasanya dipadatkan oleh pengunjung. Orang-orang penting seperti para pejabat dan Aparatur Sipil Negara juga turut memeriahkan dan menghadiri festival ini. Misalnya penutupan festival ini pada Tahun 2019 Wakil Bupati Lampung Barat turut datang meramaikan.

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, pandemi membuat konsep pergelaran festival tahun 2021 mengusung konsep yang berbeda. Sederhana namun tak mengurangi kemegahan acara, sejumlah kesenian akan ditampilkan secara virtual dengan memanfaatkan channel youtube dan siaran langsung instagram. Pergelaran pada tahun 2021 rencananya akan dilaksanakan pada bulan November. Tidak ketinggalan juga beberapa ajang perlombaan yang akan dilangsungkan seperti Orkes Gambus yang telah lama tidak ditampilkan dalam beberapa puluhan tahun. Lomba lainnya seperti fotografi, videografi serta penulisan cerita rakyat juga dihadirkan dalam Festival Sekala Bekhak mendatang. 

Post a Comment for "Ajang Promosi Budaya pada Pegelaran Festival Sekala Bekhak"