Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tunjukkan Potensi Salah Satu Nominasi Surga Tersembunyi Terpopuler dalam Festival Pahawang

P


Lampung memiliki wisata bahari yang tak perlu diragukan lagi keindahannya. Hal ini menjadikan tahun 2016 lalu digelarnya sebuah ajang untuk mengenalkan salah satu wisata kebanggaan Lampung yakni Pulau Pahawang.

Festival yang melibatkan keindahan Pahawang tersebut diberi nama sebagai Festival Pahawang. Festival tersebut dilaksanakan di Kabupaten Pesawaran yang merupakan tempat bersemayamnya pulau Pahawang.

November merupakan waktu yang ditargetkan untuk pelaksanaan festival Pahawang. Kemeriahan festival dibentuk dari beberapa lomba dan penampilan musik dan penampilan tradisional. 

Beberapa perlombaan yang pernah dilaksanakan dalam festival ini adalah lomba foto, menulis blog, perahu hias, lomba layang-layang, dan sepeda santai. Kemudian beberapa guest star seperti Rakata Jazz Club, Alaskaeight, Holaspoca, Redemption Band, Belangkon Hajim dan DJ Santiago Tunes pernah turut hadir untuk memecahkan kemeriahan Festival Pahawang.

Pada tahun 2019, camping ground dihadirkan agar para pengunjung mendapatkan kesempatan untuk camping di pinggir pantai sambil menikmati indahnya pantai dan menambah relasi baru. Dalam kesempatan tersebut, tidak ketingglan juga kegiatan seperti Barbeque Night, Fireworks dan Pop Up Market.

Tidak hanya untuk hiburan atau meningkatkan pengenalan terhadap budaya setempat, Festival Pahawang juga turut menanamkan nilai-nilai cinta lingkungan kepada para pengunjung. Hal ini dibuktikan pada acara festival pahawang tahun 2019. 

Mengusung tema Green Movements, beberapa upaya diterapkan kepada pengunjung untuk menjaga lingkungan. Misalnya meyediakan water refill station agar masyarakat dapat mengurangi sampah plastik dengan cara membawa tumbler masing-masing. 

Ada juga kegiatan lain seperti mengajak membuat pupuk kompos dari sampah organik dan penyediaan tempat sampah organik dan anorganik sehingga para pengunjung dapat secara mandiri membuang sampah sesuai dengan tempatnya. 

Serangkaian kegiatan yang dilaksanakan pada festival Pahawang tersebut tentu dapat menjadi ajang promosi wisata, meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Hal ini membuat Wakil Gubernur Lampung, Chusnunia Chalim mengupayakan agar festival ini menjadi event nasional  yang wajib dilaksanakan tiap tahunnya.

Potensi Pahawang tidak diragukan lagi karena laut, spesies terumbu karang dan ikan, serta pasir putih yang berhamparan di pinggirnya. Hal ini dibuktikan juga dengan kesempatan yang diperoleh dari Pulau Pahawang yaitu itu masuk nominasi Most Populer Hidden Paradise

Untuk itu, festival ini dapat dijadikan salah satu pilihan untuk diikuti sebagai ajang hiburan dan melepas penat dengan ikut meramaikan serangkaian kegiatan yang dilaksanakan sambil menikmati keindahan alam.
 
 










Post a Comment for "Tunjukkan Potensi Salah Satu Nominasi Surga Tersembunyi Terpopuler dalam Festival Pahawang"