Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Serba-Serbi Festival Teluk Semaka

 



Kabupaten Tanggamus menjadi salah satu tempat pergelaran festival yang bertujuan untuk ajang promosi tempat wisata dengan cara mengembangkan adat istiadat dan kebudayaan masyarakat Lampung.

Melalui festival ini, sangat besar harapan dapat membuat ekonomi masyarakat meningkat karena ramainya kunjungan para wisatawan. Lebih bagus lagi jika nantinya para investor dapat membantu dalam upaya meningkatkan sektor pariwisata. Hal ini pernah disampaikan juga oleh bupati Tanggamus, Dewi Handajani, pada festival tahun 2019 lalu. 

Dalam festival ini akan ada berbagai macam kegiatan yang dapat diikuti oleh seluruh lapisan masyarakat. Pembukaan acara pertama-tama akan dilakukan dengan cara menyambut bupati Kabupaten Tanggamus. Kemudian dilanjutkan dengan pemukulan Cetik sebagai tanda dibukannya festival semaka.

Bupati biasanya akan mengelilingi festival dan mengunjungi Stan UKM yang didirikan pada pergelaran tersebut. Selain Stan UKM, ada juga Stan lomba yang mengadakan beberapa ajang perlombaan yang dapat diikuti misalnya lomba mancing, lomba mewarnai, lomba swafoto dan lomba menghias tampah.

Serangkaian kegiatan ditunjukkan untuk sebagai ajang hiburan. Pertunjukkan kuda lumping dan Parade Perahu Hias biasanya digelar dalam festival.

Pada tahun 2018 dan tahun 2019, festival teluk semaka dilaksanakan pada bulan September. Acara puncak dari kegiatan ini biasanya akan ada acara pangan Balak atau yang disebut dengan makan besar. 

Pada kegiatan pangan balak tersebut, masyarakat yang datang berkesempatan untuk menikmati kuliner secara gratis. Seperti yang diadakan pada Festival Teluk Semaka tahun 2018, sebanyak 5.000 otak-otak dibagikan kepada masyarakat yang datang. 

Tak kalah menarik, beberapa pertunjukkan siap ditampilkan juga seperti tahun-tahun sebelumnya. Misalnya, kalian dapat melihat pertunjukkan Tari Selendang Kabupaten Tanggamus, Tari Muli Siger, Tari Jak Kebung Mit, Karnaval Kabayan, atau Launching Senam Ratu.

Bukan hanya menjadi festival yang menunjukkan kebudayaan, akan ada sesi diskusi untuk memajukan potensi wisata yang ada di Kabupaten Tanggamus. Pendapat dari diskusi nanti akan di tampung dalam kegiatan yang dinamakan Sarasehan Pariwisata.

Festival ini adalah ajang untuk menunjukkan sektor pariwisata yang ada di Kabupaten Tanggamus tidak kalah menarik dengan yang ada di tempat lainnya. Ketika acara ini digelar, tak ada salahnya kalian sebagai masyarakat untuk ikut turut hadir meramaikan festival ini. 


















Post a Comment for "Serba-Serbi Festival Teluk Semaka"