Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Prestasi Festival Teluk Stabas dan Ajang Promosi Dinasti Wisata Pesisir Barat

 


Image credit: lampungbaratkab.go.id

Lampung memiliki dinasti wisata yang luar biasa memukau. Hal ini menjadikan beberapa pergelaran festival budaya dan seni digelar di Provinsi Lampung. Pergelaran tersebut ditujukan sebagai ajang promosi tempat wisata yang ada di Provinsi Lampung. 

Salah satu pergelaran yang diadakan tiap tahunnya adalah festival stabas. Festival ini biasanya digelar pada bulan April. Kemeriahan festival teluk stabas biasanya ditujukan untuk memeriahkan HUT Kabupaten Pesisir Barat yang mana Kabupaten itu sendiri menjadi tempat digelarnya festival tersebut. 

Pergelaran ini wajib untuk dilestraikan tiap tahunnya karena dapat menunjang budaya Lampung menjadi lebih dikenal masyarakat. Tak hanya itu, festival ini juga diharapkan dapat meningkatkan wisatawan untuk mengunjungi Lampung terutama di Kabupaten Pesisir Barat.

Pawai parade budaya biasanya kegiatan acara pertama yang ikut memeriahkan acara ini. Peserta parade terdiri dari perwakilan Kecamatan dan Desa yang ada di Kabupaten Pesisir Barat. Jalur parade dimulai dari Kantor Pemkab sampai Pantai Labuhan Jukung. 

Acara dibuka biasanya oleh Bupati Pesisir Barat yang ditandai dengan membunyikan gong dan pelepasan burung merpati sebagai tanda peresmian acara. Turut hadir juga Perwakilan Kementerian Pariwisata Indonesia, Kementerian Desa, Wakil Bupati Pesisir Barat, Kapolres Lampung Barat, Dandi, 0422, Ketua DPRD Pesisir Barat serta Kepala Satuan ODP Kabupaten Pesisir Barat pada Festival Teluk Stabas yang dilaksakan tahun 2018.

Kemudian akan dilanjutkan dengan beberapa acara seperti lomba nyulam tapis, tari adat Lampung, tari kreasi Lampung, video wisata,  kuliner Pesisir Barat, burung berkicau, ngunduh damar, dan ngukokh kelapa.

Pada tahun 2018 juga, acara Festival Stabas ini pernah meraih prestasi yaitu masuk ke dalam rekor muri. Hal ini dikarenakan banyak yang menjadi peserta serangkaian kegiatan lain yang dilaksanakan pada festival stabas yaitu Kegiatan Bebay Ngantak Uyan Sasuduk dan Bebay Nyelimpok Ngelamay. Kegiatan ini diikuti oleh lebih dari 1.200 orang. 

Pesisir Barat tentunya memiliki dinasti wisata yang menarik untuk dikunjungi. Disana kalian bisa menemukan Pantai Labuhan Jukung Krui yang kerap dijadikan tempat pelaksanaan Festival Teluk Stabas, Pantai Ujung Bocur, Pantai Tembakak, Ekowisata Pemerihan, dan tempat-tempat seru lainnya. Adanya festival ini tentu membuat besar harapan agar Kabupaten Pesisir Barat tidak hanya dari lokal tetapi juga para wisatawan mancanegara. 












Post a Comment for "Prestasi Festival Teluk Stabas dan Ajang Promosi Dinasti Wisata Pesisir Barat"