Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Lampung Fashion Show sebagai Momentum Lahirnya Karya Terbaik Desainer Lokal

 


Pergelaran peragaan busana atau fashion show merupakan pertunjukkan yang cukup diminati oleh masyarakat terutama untuk para penggiat fashion. Pertunjukkan ini juga merupakan kesempatan bagi para perancang busana untuk memamerkan hasil busana buatan mereka. 

Provinsi Lampung memiliki pergelaran busana tersendiri yaitu Lampung Fashion Show yang menunjukkan hasil kreasi desainer ternama dari Lampung. Pergelaran ini akan lebih mengupayakan para desainer untuk meningkatkan ide yang mereka miliki. 

Misalnya pada tahun 2019, Lampung Fashion Show dilaksanakan dengan menampilkan busana terbaik para desainer lokal langsung yang dibina langsung oleh Riana Sari Arinal. Dalam kesempatan tersebut diharapkan mahakarya dari para desainer mampu bersaing di kancah Nasional atau Internasional.

Beberapa desainer yang turut serta memamerkan karyanya dalam acara tersebut adalah Ical Ririn, Laila Alhusna, Widya Jumhari, Mirnawati, Rara Diasa, Raswan, Nisa Hamzah, Rico, Laila Dinda, Ida Giris, Rita, dan Marni Nabila.

Pembukaan acara dihadiri oleh Ketua dan Wakil Ketua Dekranasda Lampung yakni Riana Sari Arinal dan Marmiami Fahrizal. Tak ketinggalan juga, acara tersebut turut dihadiri oleh Anna selaku Sekretaris Dekranasda, Dr. Edarwan, MSi. selaku Kadis Pariwisata, dan Sudarsono selaku Wakil Ketua Bhayangkara Lampung. 

Mewakili Gubernur Lampung yaitu Arinal Djunaidi, Ir. Fahrizal Darminto, MA, membuka acara Lampung Fashion Show yang biasanya memang digelar pada bulan November. 

Fahrizal pernah menyebutkan bahwa ketiga sektor ekonomi kreatif yaitu fashion, kuliner dan kriya berkembang dengan pesat di Provinsi Lampung. Maka dari itu, tujuan lain dari dilaksanakan fashion show ini adalah untuk mengupayakan peningkatan kualitas produk kreatif sehingga meningkatkan minat dan pada akhirnya juga mampu meningkatkan pertumbuhan ekonomi.

Dalam pergelaran Lampung Fashion Show, biasanya akan ditampilkan kain asli masyarakat Lampung yaitu kain Tapis. Kain Tapis itu sendiri memiliki motif yang terdiri dari alam, flora dan fauna. 

Tapis pernah mengukir prestasi dalam kancah Internasional. Pertama, busana hasil dari desainer Wignyo pernah tampil dalam Fashion yang ada di Paris yaito La Mode Sur La Seine a Paris. Tapis juga beberapa kali sempat digunakan dalam acara kontes kecantikan dan menoreh prestasi sebagai National Costume. Prestasi tersebut menunjukkan bahwa Lampung ternyata tidak ketinggalan jika bersaing dalam dunia fashion.





Post a Comment for "Lampung Fashion Show sebagai Momentum Lahirnya Karya Terbaik Desainer Lokal"