Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pergelaran Festival Kopi untuk Meningkatkan Minat pada Kopi Robusta Lampung

 




Jika kalian mengingat kata "Lampung" mungkin yang terbesit dipikiran adalah keindahan wisata baharinya yang indah. Namun, untuk kalian para pecinta kopi wajib tahu jika Lampung juga memiliki kopi robusta dengan cita rasa khas tersendiri yang digemari para petualang. 

Untuk itu dilaksanakan sebuah acara yang bertujuan untuk mengenalkan kopi kepada masyarakat Lampung seperti yang pernah dilaksanakan pada bulan November 2019. Mengusung tema Woman and Coffe, festival tersebut memiliki tujuan lain yakni mengapresiasi para wanita yang turut serta memajuka industri kopi Lampung.

Serangkaian kegiatan nantinya akan dilaksanakan dan diikuti oleh masyarakat setempat setiap tahunnya. Terkhusus Festival Kopi tahun 2019, kegiatan yang dapat diikuti antara lain adalah pameran produk kopi, temu bisnis kopi, cerdas cermat petani kopi, fashion show kopi, apresiasi wanita kopi, apresiasi duta kopi, kompetisi latte art dan masih banyak lagi kegiatan seru yang dapat diikuti. 

Merujuk dari festival kopi yang diadakan, Gubernur Lampung Arinal Djunaidi mengajak masyarakat untuk lebih mencintai kopi terkhusus untuk kopi robusta asli Lampung. Hal ini didasari juga oleh rekor yang diterima Lampung yakni sebagai salah satu Provinsi penghasil kopi terbesar di Indonesia bahkan menempati posisi keempat dikancah Internasional.

Meskipun sudah terkenal, pandemi nyatanya juga memberikan dampak pada industri kopi. Akibatnya, sektor ekonomi di Lampung juga ikut menurum. Sehingga untuk mengwujudkan peningkatan industri kopi kembali, Pemerintah mengupayakan beberapa langkah. Salah satunya adalah dengan kembali menggelar festival tersebut pada tahun 2020. 

Dalam kesempatan tersebut, Arinal mengatakan harus ada upaya yang dilakukan untuk meningkatkan ekspor kopi. Salah satu upayanya disebutkan akan dibangun sebuah pelabuhan internasional di Pesisir Barat agar distribusi barang lebih produktif, efisien dan murah.

Kegiatan yang dilakukan mungkin tidak semeriah tahun-tahun sebelumnya. Hal ini dikarenakan seluruh kegiatan dilakukan dalam jumlah yang terbatas seperti pada kegiatan lomba tata hidangan berbahan kopi dan kejuaraan barista. Bahkan, untuk seminar kopi dan temu bisnis kopi dilakukan secara virtual. 

Dalam seminar kopi serta temu bisnis kopi itulah digunakan untuk mencari permasalahan kopi di Lampung serta mencari solusi untuk menyelesaikan permasalahan tersebut. 

Post a Comment for "Pergelaran Festival Kopi untuk Meningkatkan Minat pada Kopi Robusta Lampung"