Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Liburan Edukatif Dengan Berkunjung Ke Tugu Empat Marga

Sumber Foto: Pariwisata_Lampung

Bagi wisatawan yang ingin mengenal budaya Lampung, maka salah satu tempat wisata yang dapat dikunjungi adalah Tugu Empat Marga atau Megow Pak. Tempat wisata ini merupakan upaya pemerintah dalam mengenalkan budaya masyarakat Megow Pak ratusan tahun silam. Oleh karena itu, destinasi wisata sejarah ini dibangun dengan sekreatif mungkin.

Sebagai bentuk pelestarian kebudayaan maka pembangunan Tugu Empat Marga ini patut di apresiasi. Apalagi tempat wisata ini memiliki sejarah yang perlu diperkenalkan kepada masyarakat sekitar, terutama generasi muda agar mengenai leluhur mereka. Oleh karena itu, pembangunan relief pahatan empat pemuka marga ini dibuat dengan tampilan milenial yang anyar. Dengan tinggi sekitar 15 meter, panjang 40 meter dan ketebalan 6 meter. Dengan relief yang dibangun membuat bangunan Tugu Empat Marga sebagai replika dari empat pemuka marga yang patut diapresiasi karyanya.

Di balik pahatan empat patung gigantis tersebut merupakan empat marga asli Lampung yang memiliki hubungan yang sangat erat, yaitu Marga Tegamoan, Marga Buay Bulan, Marga Buay Aji dan Marga Suay Umpu. Keempat marga ini bergabung menjadi sebuah federasi masyarakat adat Megow Pak Tulang Bawang, pada masa penjajahan Belanda sekitar tahun 1914. Hal ini sesuai dengan sistem pemerintahan yang pada saat itu berlaku yaitu sistem kemargaan. Namun, terdapat penghapusan pemerintahan kemargaan pada tahun 1952. Meski begitu, aturan adat Megow Pak masih berlaku serta menjadi hukum adat yang disegani dan dihormati oleh masyarakat setempat. Oleh karena itu, federasi masyarakat adat Megow Pak diaktifkan kembali pada tahun 1993. Selain untuk mengenal sejarah, tempat wisata ini juga instagramable. Hal ini karena pembangunan relief empat pemuka marga menjadi latar belakang yang keren. Selain itu, pemandangan hutan karet yang rindang dan teduh juga menjadi latar lain yang dapat digunakan untuk spot foto.

Jika berminat untuk datang ke Tugu empat marga yang berada di Provinsi Lampung ini tidak perlu khawatir akan akses yang harus dilewati. Karena wisata ini dapat dikunjungi dengan kendaraan roda dua atau kendaraan roda empat. Selain itu, Tugu Empat Marga ini berada di antara hutan karet di sisi kanan dan kirinya dan persis di tepi jalan lintas utama provinsi di tikungan Jalan S Tiyuh Panaragan, Kecamatan Tulang Bawang Tengah, Kabupaten Tulang Bawang Barat,sehingga cukup mudah ditemukan.

Itulah ulasan singkat dari Tugu Empat Marga yang dapat menjadi pilihan tempat wisata yang harus dikunjungi. Selain untuk menambah koleksi foto yang bagus juga mendapat pengetahuan sejarah.

Referensi:

https://www.tripjalanjalan.com/

Post a Comment for "Liburan Edukatif Dengan Berkunjung Ke Tugu Empat Marga "