Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Bahasa Gaul Yang Hanya Ada Di Lampung Yang Harus Kamu Ketahui

 

Frasa terkenal di Lampung
 

Buat kamu warga Lampung mungkin sangat familiar dengan beberapa peragaan kata yang sering atau lumrah diucapkan di Lampung. Padaan kata ini sering diucapkan dalam keseharian kita semua, yang bahkan menjadi bahasa sehari-hari yang membuat siap saja sering melontarkan kata ini dan menjadi kebiasaan warga Lampung.

Di era luasnya bahasa dan juga sosialisasi, kita dituntut pada perubahan yang terkadang sifatnya fleksibel yaitu pergantian bahasa yang turut andil dalam lingkup sosial karena pengaruh lingkungan, bahasa, daerah, sosialisasi hingga kehidupan luas lainnya. 

Untuk itu, mengenal lebih dekat bersama istilah-istilah kata yang hanya ada di Lampung tanpa sadar diucapkan dalam keseharian kita. 

1.    Geh! 

Siapa yang tidak kenal dengan padaan kata ini yang sering banget diucapkan dalam berbagai kesempatan, mulai dari anak remaja dan dewasa sering melontarkan kata ini didalam kesehariannya. Di Lampung kata ini bermakna “dong” yang hampir setiap kata melontarkan kata ini dibelakangnya jika ingin memperjelas sesuatu. Kata ini sangat popular di Lampung dan hampir semua orang sering menyebutkan dalam bahasa keseharian 

2.    Basing 

Satu lagi bahasa gaul di Lampung yang sering banget dilontarkan dalam keseharian dan sangat popular di Lampung yaitu Basing. Kata Basing bermakna “terserah”, kalimat ini sering dilontarkan sebagai bentuk keputusan, bermakan yaudah atau ikut aja. Kalimat ini sangat umum digunakan dalam keseharian di Lampung. 

3.    Susuk  

Bukan sekedar susuk wajah atau bermakna susuk dukun yang sering kita dengar, bahasa ini akan beda saat di Lampung. Di Lampung bahasa ini memilki makna "kembalian” jika didalam supermarket atau warung uang kita lebih kita minta kembalian atau lebih dikenal dengan Susuk. Prasa ini menjadi umum di Lampung dan hampir semua orang sering melontarkan kata ini di Lampung jika ingin meminta kembalian uang. 

4.    Ligat 

Prasa yang satu ini mungkin menjadi sangat umum saat di Lampung. Di Lampung kata ini memiliki makna cepat atau segera. Kata ini sering sekali dilontarkan di usia remaja atau anak –anak untuk menyampaikan sesegera pergi atau segera bersiap untuk pergi. 

5.    Kongek Ngongek 

Ada yang familiar dengan kalimat ini? Kata ini memiliki arti berbeda setiap prasanya, mulai dari memiliki makna seseorang yang sedang diomongin, jadi bahan omongan,, diiomongin atau ngebully seseorang( lebih ke arah roasting antar teman). Kalimat ini menjadi popular di Masyarakat Lampung dan sangat umum digunakan di Lampung sebagai bahan candaan dan ejekan. 

6.    Jojong & Ngotak 

Kata terakhir yang menjadi popular dan menjadi bahasa gaulnya di Lampung yaitu Jojong dan Ngotak, memiliki makna berbeda keduanya. Jojong memiliki makna "santai aja", ini mengindentikan seseorang untuk lanjutin aja nggak usah terganggu walaupun ada saya disini dan Ngotak yang berarti nggak mikir atau bohong, mengekspresikan seseorang yang berbicara kelewat batas atau diluar batas. Kalimat ini sangat popular dan sering dilontarkan di setiap ucapan di Lampung. 

Itulah tadi, Frasa kata yang umum digunakan di Lampung. Bahasa ini menjadi populer berkat beragam karakter yang bisa menerima bahasa tersebut. Ada yang kamu ketahui dari kumpulan frasa diatas?

Source:

https://lampung.idntimes.com



Post a Comment for "Bahasa Gaul Yang Hanya Ada Di Lampung Yang Harus Kamu Ketahui"