Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengenal Lebih Dekat Apa Itu Sekura Cakak Buah?

 

Mengenal Lebih Dekat Sekura Cakak Buah

  

Bentuk kekayaan budaya di Indonesia kita bisa melihat beragam penampilan, persembahan dan juga perayaan yang berkaitan dengan budaya. Sebagai Negara yang kaya akan suku dan culture di berbagai Provinsi. Kita bisa mengenal Indonesia sebagai Negara yang kaya akan budaya yang menarik untuk kita ulik dan petik bersama dalam serangkaian sejarah dan juga proses budaya didalamnya.

Salah satu bentuk pesta budaya yang ada di Indonesia, hadir di Lampung Barat yaitu ada salah satu pesta budaya yang selalu dirayakan setiap tahun setelah bulan Ramadhan slesai yaitu Pesta Budaya Sekura. Pesta budaya ini sangat ramai dan berkaitan dengan Lampung dan kekayaan yang beragam.

Buat kamu yang masih penasaran apa itu Pesta Budaya Sekura kamu wajib tahu informasi yang berkaitan dengan Sekura Cakak Budaya. Seperti yang kita tahu bersama, Sekura Cakak Budaya adalah perhelatan pesta budaya tradisional yang selalu dilaksanakan setelah hari raya Idul Fitri selesai yang biasanya antara 1 syawal sampai akhir sekitar 6 dan 7 syawal setiap hari yang dirayakan dan dilaksanakan pekon ke pekon di kabupaten Lampung Barat.

Perayaan ini sangat berkaitan dengan kebudayaan Lampung yaitu topeng sebagai ciri khas dalam perayaan tersebut. Secara filosofis, Sekura sendiri adalah kebudayaan yang menutup topeng/penutup wajah atau merubah penampilan yang menggambarkan berbagai sifat manusia dimuka bumi ini.

Dan dalam penggambarannya, pesta Sekura hadir sebagai bentuk ekspresi kebebasan, kebersamaan serta kegembiraan setelah kita telah bergolak menahan hawa nafsu selama 1 bulan penuh di ramadhan. Pesan yang disampaikan di pesta budaya Sekura sangat berkaitan dengan manusia, kehidupan dan jajarannya yang memilki sifat berbeda-beda setiap manusia.

Perayaan Sekura Cakak Buah memilki tujuan menghibur, pengingat dalam beberapa pesan petuah yang disampaikan dalam serangkaian acara dan juga bentuk silaturahmi sesama umat yang ditandai pada acara puncak yaitu panjat pinang secara berkelompok dengan sistem Beguai Jejama atau gotong royong. .

Dibalik makna yang hadir dari pesta budaya ini, Sekura Cakak Buah hadir dengan beberapa jenis yang dibagi menjadi dua kelompok yaitu ada Sekura Betik atau Helau yang biasanya dalam penampilannya sangat helau (indah), lucu, bersih dan sifatnya menghibur dengan ciri khas yang ditampilkan dengan menggunakan kacamata gelap dan semua kostum kain panjang dan penutup kepala yang cantik. Sedangkan, Sekura Kamak (kotor) memilki penempilan kotor yang biasanya memakai topeng dari bahan kayu atau dari bahan alami tumbuhan. Menjadikan penampilannya aneh dan lebih unik. Dua macam Sekura meupakan filosofis dari sifat manusia iu sendiri yaitu ada baik dan jahat.

Melihat keberagaman dan kekayaan budaya Lampung yang hadir dalam perayaan Sekura Cakak Buah bisa disimpulkan bagaimana bentuk dan filosofi yang hadir dari pesta budaya yang telah hadir dan dilaksanakan turun temurun dari generasi ke generasi di Lampung khusunya Lampung Barat.

Dengan melihat peran budaya sebagai kekayaan sudah sepatutnya kita harus terus menjaga dan merawat warisan ini agar tidak punah dan tetap terjaga hingga ke generasi berikutnya. Untuk melihat perhelatan tahun ini? Sudah mampir ke lokasi mana saja yang ingin kamu kunjungi untuk melihat pesta budaya Sekura Cakak Buah?

 

Source:

instagram.com/pariwisata_lampungbarat

https://medialampung.co.id

 

 

Post a Comment for "Mengenal Lebih Dekat Apa Itu Sekura Cakak Buah?"