Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengenal Lebih Dekat Dengan Kopi Lampung! 6 Fakta Menarik Lampung Barat Penghasil Kopi Mendunia

 

Apa yang menggambarkan Lampung dengan sejuta pesona dan keunikan didalamnya? Apakah kawasan konservasi gajah yang terkenal di Way Kambas, atau memiliki 2 suku yang menjai ciri khas lampung yaitu Pepadun dan Saibatin? Ya, banyak hal unik lainnya yang sangat menggambarkan lampung salah satunya, yaitu Kopi Lampung yang beragam dan mendunia. Salah satunya penghasil kopi terbesar yaitu Lampung Barat yang seru untuk dibahas dan diulik bersama.

Kopi Lampung memiliki ciri khas yang terletak pada wangi harumnya dan cita rasa kopinya yang pas. Itu mengapa, kopi Lampung masuk komoditas yang diperhitungkan didunia dan memiliki nilai jual tinggi di pasaran. Di lampung barat sebagai penghasil kopi dunia yang menjadi favorit banyak orang yang wajib untuk dicoba saat mampir ke Lampung khususnya Lampung Barat.

Untuk mengenal lebih dekat, berikut 6 fakta menarik Lampung Barat sebgaai penghasil kopi mendunia yang wajib kamu ketahui.

1.      Menjadi Contoh Perkebunan Kopi Nasional

Lampung Barat, kopi dijadikan mata pancaharian utama. Selain karena, banyaknya penghasil kopi disini, kegigihan para petani merawat dan mencari tau lebih mengenai penanaman kopi yang menjadikan kawasan ini sebagai penghasil kopi paling unggul dan berkualitas. Tingkat mutu dan kualitas kopi di Lampung Barat wajib diacungi jempol, karena memiliki kualitas juara dan banyak diminati pasaran, tak mengherankan mengapa tempat ini menjadi kawasan terbaik penghasil kopi di tingkat nasional yang menawarkan produksi dan mutu terjamin pada kualitasnya.

2.      Sentra Kopi Terbesar Kualitas Terbaik

Lampung Barat dikenal sebagai kawasan yang subur untuk menanam sayuran, buah dan komoditi lainnya dan tak lupa yang utama menanam kopi di kawasan ini. Karena, kekayaan ini kopi yang berkualitas, Lampung Barat menjadikan kopi sebagai komoditas utama di Indonesia bahkan dunia. Kualitas kopi yang ditawarkan tidak main-main, mulai dari pasokan, harga hingga bentuk kopi yang dinilai mahal dan art dari segi rasa dan bentuk kopi. Tanah yang subur membawa petuah baik di Lampung Barat yang memiliki ketinggian 500-1.000 meter di atas permukaan laut, daerah ini dikuasai perkebunan kopi luas kurang lebih 60 hektare dengan hasil panen hingga 100.000 ton per tahun.

3.      Bercita Rasa Nikmat Dengan Harga Terjangkau

Lahirnya kopi Lampung yang juara membuat siapa saja menjadi jatuh cinta saat menyeruput kenikmatan rasa kopi dari Lampung Barat yang beda dari kopi pada umumnya. Membuat Kopi di Lampung Barat unik yaitu terletak dari penyajiannya kopinya yang dihasilkan langsung dari buah dipetik dengan tepat, serta proses penanganan maksimal, membuat cita rasa nikmat tersaji dalam secangkir kopi. Kopi Lampung Barat yang unik bisa kamu temukan dalam beragam varian mulai dari, kopi Robusta dengan cita rasa unik, nikmat dan khas kopi Lampung yang juara.

4.      Menghasilkan 3 Jenis Kopi

Sebagai penghasil kopi terbesar di dunia, membuat Lampung Barat dikenal sebagai komoditas utama dalam penghasil kopi juara dan beraneka ragam. Karena kekayaan ini, Lampung Barat mengahasilkan 3 jenis kopi yang secara kualitas dan rasa merata serta terkenal di Indonesia bahkan mendunia.

Jenis kopi tersebut antara lain adalah Kopi Arabika yang terkenal dengan tingkat keasaman tinggi dan pahit yang tersamar. Kedua, kopi Liberika yang unik karena aroma yang ditawarkan mirip buah nangka beraroma yang kental dengan rasa pahitnya dan yang terakhir, tentu sangat familiar dan terkenal di Indonesia yaitu, Kopi Robusta memiliki rasa pahit aroma yang earthy dan nutty yang digemari abnayak kalangan.

5.      Menjadi Nilai Ekspor Terbesar

Karena memilki tanah subur, ditambah kualitas petani dan kopi yang mumpuni, tak heran jika komoditas kopi menjadi salah satu nilai ekspor terbesar dengan kualitas yang ditawarkan juara dari Lampung Barat.

Nilai ekspor kopi Lampung Barat tersebar bukan hanya di Nasional, tetapi juga tersebar hingga ke mancanegara yang menghasilkan kurang lebih 91 juta dollar. Nilai ekspor tersebut menjadikan bukti komoditas kopi Lampung Barat banyak diminati, meningkat dan bermutu menjadi sumber ekonomi terbaik dan juara.

Sebagai bentuk kekayaan dan warisan sejak zaman penjajah. Kopi menjadi komoditas yang tak boleh terlewatan dari masa ke masa. Kopi Lampung yang sudah terkenal hingga ke mancanegara tak bisa lepas dari peran Lampung Barat sebagai penghasil kopi terbesar, bahkan pengekspor kopi terkenal di dunia. Untuk itu, mari sama-sama menjaga dan mempertahankan agar produk Indonesia makin jaya dan bangga mendukung komoditas lokal.

 

Source:

instagram.com/pariwisata_lampungbarat 

https://lampung.idntimes.com

https://travel.detik.com

Post a Comment for "Mengenal Lebih Dekat Dengan Kopi Lampung! 6 Fakta Menarik Lampung Barat Penghasil Kopi Mendunia"