Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Saksikan Bersama! Pesta Budaya Sekura Cakak Buah Idul Fitri 1443 H 2022 M

Festival Budaya Sekura Cakak Buah Yang Hadir Pada Tahun Ini

 Sumber: disporapar_lambar

 

Sebagai wilayah dengan ragam hiburan dan sejarah, Lampung menyimpan beragam keindahan dan juga acara hiburan yang ditawarkan untuk memeriahkan panorama kekayaan budaya yang beragam dan patut diapresiasi setiap tahunnya. Sebagai bentuk menjaga dan memperkenalkan kekayaan budaya di Lampung, Lampung Barat akan mengadakan pesta Budaya Sekura Cakak Buah Spesial Idul Fitri pada tahun ini.

Seperti yang kita tahu, Pesta Budaya Sekura adalah pesta budaya tradisional yang selalu dilaksanakan setelah Hari Raya Idul Fitri sebagai bentuk perayaan berkelanjutan yang dirayakan setiap 1 syawal atau 6 syawal setiap tahun. Pesta Budaya Sekura ini merupakan sebuah pentas teater luar ruang dengan pelaku adalah masyarakat. Kegiatan budaya ini selalu mengambarkan manusia yang identik dengan kemenangan, kebebasan dan kegembiraan sebagai ungkapan jiwa manusia untuk berkreasi dan berekspresi.

Sekura dalam kebudayaan ini artinya topeng, penutup wajah yang merubah penampilan dan menggambarkan berbagai bentuk sifat dimuka bumi. Dalam pesta Sekura ini penggambaraanya adalah suasana kegembiraan dan kebebasan berkreasi dalam kebersamaan berkelompok dan kehidupan.

Untuk mengenal dan menyaksikan perayaan ini secara langsung. Yuk, bersama kita simak beberapa informasi pelaksanaan dari pesta Budaya Sekura Cakak Buah pada tahun ini.

1.      Pesta Budaya Sekura 1 syawal 1443 H

Rangkaian awal perayaan ini dimulai di beberapa lokasi yang bisa kamu kunjungi untuk menyaksikan pesta budaya setahun sekali ini. Adapun, lokasi yang bisa kamu tuju pertama untuk menyaksikan yaitu, Pemangku Kotaraja Sebarus Kec. Balik  Bukit, Pekon Muarajaya II Kec. Kebun Tebu dan yang terakhir ada Pekon Way Empulau Ulu Bandar Jaya Kec.Balik Bukit.

2.      Pesta Budaya Sekura  2 Syawal 1443 H

Sebagai rangkaian acara kedua di Lampung Barat, hadir pula Pesta budaya yang tersebar dibeberapa titik lokasi yang bisa kamu kunjungi untuk menyaksikan acara sekali setahun ini. Adapun lokasi kedua yang bisa kamu kunjungi yaitu, Pekon Kenali Kecamatan Belalau, Pekon Way Mengaku Kecamatan Balik Bukit, Pekon Sukabumi Kecamatan Batu Brak, Pekon Padang Dalom Kec.Balik Bukit, dan Pekon MuaraJaya II Kec. Kebun Tebu.

3.      Pesta Budaya Sekura 3 Syawal 1443 H

Untuk acara ketiga setelah hari raya Idul Fitri, hadir juga perayaan di Pesta Budaya Sekura yang bisa kamu hadirkan untuk menyaksikan serangkaian acara Sekuraa terbaru pada tahun ini di hari ketiga. Berikut list hari ketiga yang bisa kamu hadirkan, Pekon Kutabesi Kecamtan Batu Brak, Pekon Hujung Kec.Belalau dan yang terakhir Pekon Sukarami Kec. Balik Bukit yang bisa kamu hadiri dan kunjungi untuk menyaksikan perayaan ini.

4.      Pesta Budaya Sekura 4 Syawal 1443 H

Untuk menyaksikan Pesta Budaya Sekura yang bisa kamu kunjungi selanjutnya di hari ke 4 perlehatan. Pesta besar ini merupakan bentuk pesta terbesar tahun ini sebagai perhelatan budaya yang dilakukan hingga seminggu full. Beberapa tempat yang bisa kamu kunungi dan saksikan perlehatan budaya tahun ini di hari keempat yaitu, Pekon Kegeringan Kecamatan Batu Brak, Pemangku Umbul Lioh Pekon Sebarus Kec. Balik Bujit dan terakhir, Pekon Negeri Ratu Kec. Batu Brak.

5.      Pesta Budaya Sekura 5 & 6 Syawal 1443 H

Pesta budaya akhir dari serangkaian panjang acara Budaya Sekura pada tahun ini sebagai bentuk apresiasi dari perayaan serta, ungkapan dalam balutan budaya yang khas hadir juga di beberapa lokasi pilihan yang bisa kamu kunjungi, yaitu pertama ada di Pekon Balak Kecamatan Batu Brak dan Pekon Bakhu Kecamatan Batu Ketulis. Pada 5 Syawal 1443 H tak kalah keren sekaligus perlehatan terakhir yang dilaksanakan yaitu, hadir pada Pekon Canggu Kecamatan Batu Brak pada 6 Syawal 1443 H tahun ini.

Sebagai bentuk apresiasi budaya dan penyelenggarakan, pesta budaya sekura secara definisi merupakan perayaan atau ungkapan kegembiraan masyarakat secara bersama-sama. Yang unik dari perayaan ini adalah ciri khas bertopeng (menutup wajah) dan merubah penampilan dalam pergelaran acara budaya ini. 

Pada momen ini, kita bisa belajar selain bentuk kekayaan budaya yang ada di Lampung, pesta budaya ini sifatnya menghibur serta bertujuan utama bersilaturahmi. Itu ditandai dengan acara berpuncak pada panjat pinang secara berkelompok dengan sistem beguai jejama (gotong royong) yang sangat menggambarkan Pesta Budaya ini.

Untuk melihat lebih dekat bagaimana bentuk perayaan dan juga pesta budaya Sekura pada tahun ini. Kamu bisa melihat di beberapa tempat diatas sebagai cakupan tujuan kamu untuk langsung melihat lebih dekat perhelatan ini. Ada yang menjadi list-mu untuk menyaksikan?

 

 Source:

Instagram/disporapar_lambar

Post a Comment for "Saksikan Bersama! Pesta Budaya Sekura Cakak Buah Idul Fitri 1443 H 2022 M"