Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Intip Keseruan Momen Pesta Sekura Yang Dilaksanakan Tanggal 1- 7 Mei Tahun 2022

 

 Sumber Gambar: instagram.com/pesawaran_lampungbarat

Sebagai salah satu perayaan budaya yang dilaksanakan bertepatan dengan hari raya Idul Fitri atau bulan syawal, kemeriahan yang hadir memberi warna sediri untuk banyak orang. Momen ini menjadi ajang baru untuk melihat lebih dekat perayaan Sakura cakak buah yang dimulai dari tanggal 1 syawal hingga 6 syawal terhitung idul fitri 1443 H 2022 M.

Perayaan ini dihadirkan dengan warna baru di Lambar sekaligus menjadi ajang pesta budaya yang meriah untuk kita semua. Perayaan budaya ini menjadi seamkin meriah diantara keramaian pengunjung yang memakai penutup wajah selama perhelatan acara pesta budaya ini.

Sekura yang memilki arti penutup wajah, berfungsi sebagai penghilang jati diri sehingga jati  diri yang asli tersamarkan. Sekura selalu dipakai di pesta budaya sekura, dan menjadi ciri khas dari pesta Sekura ini. Seperti yang kita tahu perayaan ini merupakan perayaan dalam rangka merayakan kemenangan di hari raya idul fitri sekaligus sambutan atas keberhasilan kita semua berperang melawan hawa nafsu berpuasa di bulan ramadhan.

Untuk melihat lebih dekat bersama, yuk simak kemeriahan Pesta Budaya Sekura Cakak yang dikutip dari Instagram @pariwisata_lampungbarat, 10 mei 2022 yang lalu. 

1. Pesta Budaya Sekura di pekon canggu yang direpost oleh instagram pariwisata lamoung dari seoarang pengguna @andriwijaya.id yang membagikan dalam reelsnya keseruan dari Pesta Sekura dengan menampilkan beberapa foto masyarakat yang menggunakan Sekura dan masyarakat umum yang sedang menyaksikan keseruan Pesta Budaya Sekura 

2. SA Canggu So Sekura di GRC Mania yang direpost oleh instagram pariwisata lampung barat yang menampilkan keramaian orang menggunakan Sekura dan pernak-pernik Sekura lainnya. Video yang dipost oleh @endangguntorocanggu ini telah berhasil menarik kita lebih dalam dibalik keseruan Pesta Budaya Sekura. 

3. Hadir pula dari foto yang dibagikan oleh akun @ekafendiaspara_alliwa dalam keterangannya membagikan momen ciri khas pesta budaya Sekura yaitu penggunaan topeng atau Sekura. Dalm caption yang diunggah, dia menceritakan sedikit bagaimana sejarah awal Sekura dan keseruaan Sekura setiap tahun yang menarik untuk disimak menambah informasi baru.


Melihat lebih dekat moment Pesta Budaya Sekura adalah bukti dari warisan budaya dan kekayaan budaya yang dimiliki masyarakat Lampung yang harus terus dilestarikan dan dijaga bersama. Pesta Sekura yang telah dilaksanakan turun menurun yang dahulu kala Sekura dipakai pada upacara-upacara tertentu, tetapi sekarang nilai dari Pesta Budaya Sekura masih sama walaupun secara konteks agar berbeda.

Dimana zaman dahulu, sebagai upacara karena dahulunya lampung barat khusuusnya masih menganut Animisme, tetapi sekarang Pesta Sekura berkembang menjadi perayaan suka cita menyambut hari raya sekaligus bentuk solidaritas bersama, bersilaturahmi dan bersyukur agar anugrah dan kebahagian di moment hari raya idul fitri.

 

Sumber:

instagram.com/pariwisata_lampungbarat

Post a Comment for "Intip Keseruan Momen Pesta Sekura Yang Dilaksanakan Tanggal 1- 7 Mei Tahun 2022"