Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Hal-hal unik yang hanya ada di Lampung yang bikin kangen

 


Lampung terkenal sebagai gerbang Sumatera karena Lampung adalah pusat atau gerbang awal masuk antara pulau Jawa ke pulau Sumatera dan sebaliknya. 

Di Lampung banyak hal yang bisa kamu jumpai atau temui dengan beragam keunikan dari alam dan budayanya yang terkenal sebagai perpaduan yang bikin kangen dari lampung.
 

Tidak hanya itu, di Lampung, kamu bisa menemukan keberagaman yang menjadi ciri khas dari Lampung yang tak bisa terlupakan. 

Untuk mengenal Lampung lebih dekat mari bersama kita temu kangen dan melihat banyak hal-hal unik di Lampung. Dijamin bikin kangen Lampung dan kotanya.

Untuk itu, melihat lebih dekat berikut hal-hal unik yang hanya ada di Lampung yang wajib kamu tahu. Ada apa saja ya?

1. Surga Pisang

Pisang dan Lampung adalah dua hal yang tak bisa dipisahkan. Sebagai kota dengan surganya pisang, tak jarang kamu bisa bertemu beragam macam pisang yang bisa kamu pilih sesuai selera kamu. Mulai dari pisang ambon hingga pisang muli semua ada di Lampung. 

Kamu juga bisa mencoba beragam rasa dari olahan pisang di Lampung, karena melimpahnya buah pisang ini menjadikan pisang sebagai komoditas utama  dan cukup terkenal di Kota ini.

2.  Perbatasan Sumatera – Jawa

Nggak afdol jika berbicara tentang Lampung tanpa membahas keunikan sisi Lampung yang luar biasa. Lampung merupakan bagian pulau yang menjadi titik perbatasan Sumatera-Jawa dan menjadi palung utama perbatasan untuk kedua belah pulau tersebut. 

Tak heran ya, jika membahas Lampung hal yang bikin kangen adalah pintu masuk antara pulau ini menjadikan peran Lampung  yang dinilai cukup krusial sebagai jantung utama perbatasan dua pulau ini.

3. Sambel Dilan

Sambol Dilan atau dalam bahasa Indonesia diartikan sebagai sambal terasi adalah sambal wajib yang tidak boleh ketinggalan untuk dicoba saat mampir ke Lampung yang bikin kangen sejuta umat.   

Hal unik  dari Sambol Dilan dari sambal lainnya adalah Sambol Dilan menggunakan tomat hijau atau rampai sebagai bahan utama sambal membuat cita rasa nagih untuk setiap sambal yang dibuat. Hal inilah yang menjadikan sambal dilan selalu menjadi makanan yang bikin kangen saat di Lampung.

4. Sang Bumi Ghuwa Jughai

Sang Bumi Ghuwa Jughai atau lebih dikenal dengan berbeda-beda tetapI tetap satu jua adalah sebuah slogan yang menggambarkan lampung lebih luas, dimana lampung dicirikhaskan dengan perbedaan budaya antara pepadun dan saibatin tapi tidak menjadikan perbedaan itu sebagai sebuah perpecahan. 

Justru perpedaan itu menunjukkan persaudaraan dan cinta kasih antar satu dengan yang lain. Sang bumi ghuwa jughai adalah makna yang menggambarkan Lampung secara nomanden, secara suku, dan perilaku yang cinta damai, hal ini juga yang bikin kangen Lampung.

5.  Lampung Nusantara

Makna lampung nusantara adalah sebuah makna yang menggambarkan penduduk lampung yang luas diisi dengan beragam kebudayaan di seluruh Indonesia tetapi tetap bisa bersatu dan hidup berdampingan di tanah Lampung, mulai dari jawa, Sumatra, dan lainnya. 

Hal ini tidak terlepas pada satu moment  zaman pejajahan dimana Lampung menjadi wilayah transmigrasi para pribumi dari berbagai kota untuk tinggal menetap di Lampung.

Lampung nusantara menggambarkan lampung yang dapat berbaur dengan suku manapun di Indonesia, dan menjadikan kita satu Indonesia di tanah Lampung. 

Terlepas dari itu, mana hal yang bikin kamu kangen dengan lampung. Lampung sebagai kota yang cukup diperhitungkan baik alam, komoditas, budaya dan kulturnya menjadikan Lampung terkenal sebagai kota yang unik bikin kangen akan budaya, masyarakat dan tempat tinggalnya.  


Sumber: 

google.com/idnnews

google.com/potretlampung.com

Post a Comment for "Hal-hal unik yang hanya ada di Lampung yang bikin kangen"