Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Festival Sungai Mesuji dalam Rangka Memperingati HUT Mesuji ke-10

 



Mesuji merupakan salah satu Kabupaten di Provinsi Lampung. Dimana ibu kotanya yaitu Wiralaga Mulya, Kabupaten Mesuji terletak di ujung timur laut wilayah Provinsi Lampung yang berbatasan langsung dengan provinsi Sumatera Selatan. Mesuji juga merupakan kabupaten dengan jarak terjauh dari kota Bandar Lampung yang merupakan Ibu kota Bandar Lampung. Tak banyak diketahui juga bahwa Kabupaten Mesuji merupakan pemekaran dari Kabupaten Tulang Bawang, pemisahan diri dari Kabupaten Tulang Bawang ini diresmikan oleh Menteri Dalam Negeri Indonesia, Mardiyanto Pada 29 Oktober 2008.

Walaupun begitu ternyata wilayah Mesuji memang sangat terkenal akan keindahannya yang amat mengagumkan. Daerah ini ternyata memiliki pesona yang berbeda dengan wilayah Bandar Lampung pada umumnya, banyak sekali tempat mengejutkan yang menyimpan beragam pesona yang sangat eksotis dan memanjakan mata baik itu wisata alam maupun buatannya. Salah satu destinasi wisata alam berupa sungai yaitu Sungai Mesuji yang harus selalu di lestarikan.

Untuk merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) Mesuji ke-10 Disporapar dan pemerintah setempat  mengadakan Festival Sungai Mesuji yang akan diadakan serangkaian lomba seperti lomba hias perahu, lomba kuliner khas Mesuji, dan beragam lomba olahraga lainnya, selain itu ada juga lomba sepeda angsa dan tari sembah Mesuji yang akan dilaksanakan di Wiralama II kecamatan Mesuji pada 24-25 November 2018. Camat Mesuji Iwan Rifai Harahap mengatakan bahwa festival lomba perahu dayung dan perahu hias ini merupakan acara tahunan yang selalu diakan setiap memperingati Hari Ulang Tahun ( HUT) Kabupaten Mesuji dan tempat yang paling strategis untuk pelaksanaan lomba perahu dayung dan lomba hias perahu ini hanya di desa Wiralaga Kecamatan Mesuji.

Festival Sungai Mesuji adalah salah satu upaya promosi pariwisata sekaligus upaya melestarikan seni dan budaya Mesuji. Seperti yang kita ketahui bahwa pariwisata merupakan salah satu faktor penting dalam kemajuan daerah maupun kemajuan Indonesia karena melalui pariwisata kita bisa memperkenalkan budaya dan tradisi yang belum dikenal oleh masyarakat Indonesia maupun dunia.


Post a Comment for "Festival Sungai Mesuji dalam Rangka Memperingati HUT Mesuji ke-10"