Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Perpustakaan Modern Lampung

 


Perpustakaan adalah sebuah tempat koleksi buku dan majalah, walaupun jika dilihat dari pengertiannya yang merujuk pada koleksi pribadi namun perpustakaan lebih umum kita kenal sebagai sebuah koleksi besar yang dibiayai dan dioperasikan oleh sebeuah kota atau institusi, serta dimanfaatkan oleh masyarakat. Selain untuk menyimpan banyak jenis buku dan majalah kini perpustakaan juga kerap kali dijadikan sebagai tempat untuk menyimpan informasi atau penyimpanan akses ke map, cetak, atau hasil seni lainnya seperti mikrofilm, mikrofiche, tape audio, CD, LP, tape video dan DVD.

Perpustakaan memang kerap kali kita jumpai di sekolah. Namun, biasanya setiap wilayah memiliki perpustakaan umum yang bisa diakses atau dijumpai oleh khalayak umum, seperti Perpustakaan Nasional yang terletak di Jakarta perpustakaan tersebut tidak hanya bisa dijumpai oleh orang yang asli tinggal di Jakarta saja, bahkan saya pun yang tinggal di Bogor diperbolehkan datang dan gratis pula.

Namun tidak hanya di Jakarta pemerintah Lampung kini sudah menyediakan perpustakaan modern yang tidak kalah keren dari Perpustakaan Nasional, gedung perpustakaan modern tersebut terdiri dari empat bagian, yaitu Gedung Utama, Gedung Bundar Tengah, Gedung Sayap Kiri dan Gedung Sayap Kanan dengan perkiraan luas bangunan gedung yaitu 10.000 meter. Adapun tujuan dari pembangunan gedung perpustakaan modern dan multifungsi ini ternyata untuk menjawab permasalahan perpustakaan diantaranya yaitu:

-          Perpustakaan pemerintah Provinsi Lampung yang jauh daari zona pendidikan

-     Jumlah perpustakaan desa di Provinsi Lampung saat ini sebanyak 702 desa dari jumlah 2.640 desa (25%)

-          Keterbatasan bahan bacaan sesuai Standar Nasional Indonesia (SNI) perpustakaan

-          Keterbatasan literatur terkini dan jurnal internasional

-          Keterbatasan ruang diskusi terbuka yang presentative

-          Mahalnya bacaan dan belum ada toko buku dikabupaten/kota se-Provinsi Lampung

-          Keterbatasan tenaga perpustakaan sesuai Standar Nasional Indoneisa (SNI)

Dengan ini diharapkan kondisi pendidikan di lampung akan terus berkembang dan daerah lain pun akan termotivasi untuk terus mengembangkan sistem pendidikan di daerah nya sehingga kasus kesenjangan pendidikan di indonesia dapat teratasi.


Post a Comment for "Perpustakaan Modern Lampung"