Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Keindahan Pantai Melasti yang mirip dengan Bali

 



Pesisir Barat merupakan salah satu Kabupaten di Lampung yng terkenal akan destinasi wisata pantainya. Salah satunya adalah Pantai Melasti, Pantai Melasti merupakan salah satu pantai di Lampung yang mirip dengan pantai di Bali, nama Melasti identik dengan upacara keagamaan umat Hindu di Bali. Melasti sendiri berarti upacara penyucian diri dalam menyambut hari raya nyepi, ternyata sesuai namnya pantai ini kerap dijadikan lokasi untu upacara Melasti bagi umat Hindu di Pesisir Barat.

Di pinggiran pantai Melasti terdapat pura Tirta Bhuana yang menjadi tempat beribadah umat Hindu, keberadaan Pura Tirta ini membuat para pengunjung seakan-akan sedang berada di Pulau Dewata. Pura yang berwarna merah dan kuning emas itu sangat menonjol sehingga bisa dijadikan spot berfoto. Bahkan saat mendekati hari raya nyepi, komunitas masyaralat Bali di Pekon Marang melaksanakan upacara Melasti di Pura Tirtabuana Pantai Melasti.

Pantai Melasti berada di Pekon Marang, Kecamatan Pesisir Selatan, Kabupaten Pesisir Barat, Lampung. Airnya jernih dan berwarna biru serta pasir putih yang bersih menjadi daya tarik tersendiri pantai ini, selain itu para pengunjung juga akan melihat jejeran pohon kelapa di tepi pantai yang membuat suasana menjadi semakin sejuk. Bahkan jika kalian beruntung di pantai ini juga sering terjadi fenomena bioluminesensi yaitu cahaya yang muncul akibat reaksi kimia organisme laut di pinggir pantai. Saking alaminya kentang-kentang juga tumbuh bebas dan merampat di sekitar pantai.

Lokasi pantai ini mudah untuk diakses dan dekat dengan perkampungan warga, hal tersebut membuat pantai ini kerap dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun mancanegara. Untuk jarak tempuh pantai tersebut dari pantai Krui hanya berjarak sekitar 42 km. Sedangkan dari Bandar Lampung, pantai melasti berjarak 208 km atau bisa ditempuh sekitar enam jam melalui jalan lintas barat (jalinbar) ruas Krui Bengkulu.

Untuk wisatawan yang ingin berkunjung para wisatawan tidak dikenakan biaya masuk. namun, pantai ini bukan merupakan wisata komersil sehingga tak ada fasilitas umum maupun kantin disana namun ada beberapa pondok untuk dijadikan tempat istirahat.

sumber : @pariwisata.lampung

Post a Comment for "Keindahan Pantai Melasti yang mirip dengan Bali"